Ketemu Saya?

Salam,
Setelah semakin banyak mahasiswa yang meminta dibuatkan janji untuk konsultasi/bimbingan/diskusi, sepertinya saya harus bikin tulisan pendek tentang beberapa hal yang harus diketahui mahasiswa sebelum menyepakati jadwal konsultasi/bimbingan/diskusi. Tulisan ini wajib dibaca mahasiswa sebelum janjian jadwal konsultasi/bimbingan/diskusi.

Umum, berlaku buat semuanya

  • Saya lebih prefer dihubungi via email daripada via Whatsapp. Diluar itu (SMS/Sosial Media Messaging), saya mungkin akan memberikan respon/balasan lebih lambat.
  • Diluar jam kerja, saya akan merespon email/chat lebih lambat daripada ketika dihubungi ketika jam kerja. Tapi saya akan berusaha membalas semua email/chat selambatnya 2×24 jam. Kalau ga ada balasan dari saya lebih dari 2×24 jam, silahkan hubungi saya lagi, karena kemungkinan chat/email kalian kelewatan belum saya baca, atau udah saya baca tapi lupa belum saya balas.
  • Sebagai gambaran, jadwal saya dapat dilihat di Doodle MeetMe saya dan kalian bisa request janji temu melalui laman tersebut. Tetapi baiknya konfirmasi ulang soal janji temunya melalui email/Whatsapp.
  • Ketika menghubungi saya, baik melalui email/chat, sebaiknya cantumkan identitas kalian dengan jelas. Saya sih agak casual soal konten email/chatnya (jadi tidak perlu cantumkan NIM, nama dan kelas/minat/angkatan aja sudah cukup). Ga harus pakai bahasa yang baku dan kaku, casual aja saya ga masalah.
  • Untuk waktu, saya ga masalah dihubungi kapan aja (247). Kadang-kadang saya juga hanya punya waktu tengah malam atau pagi-pagi buta untuk balesin chat mahasiswa. Saya ga terganggu, karena ponsel selalu saya set silent kalo sedang di rumah.
  • Untuk mahasiswa yang ingin membuat janji temu yang berkaitan dengan tugas/ujian/project dari mata kuliah yang saya ampu, silahkan kirim email/chat Whatsapp dan deskripsikan secara detail kebutuhanmu apa, nanti saya akan putuskan kalian perlu ketemu saya langsung, atau persoalan dapat langsung diselesaikan cukup melalui email/chat aja.
  • Untuk mahasiswa yang membuat janji temu yang berkaitan dengan urusan kemahasiswaan (lomba, ormawa, dll.) atau urusan lain yang tidak berkaitan langsung dengan proses perkuliahan, silahkan kirim email/chat dan deskripsikan kebutuhanmu secara detail. Nanti saya yang akan putuskan kalian perlu ketemu saya langsung, atau persoalan dapat langsung diselesaikan cukup melalui email/chat aja.
  • Untuk mahasiswa yang membuat janji temu yang berkaitan dengan tugas/ujian/project dari mata kuliah yang TIDAK saya ampu, mohon maaf saya ga menyediakan waktu untuk ini. Silahkan hubungi dosen yang mengampu mata kuliah tersebut.

Khusus buat bimbingan skripsi saya

  • Mahasiswa bimbingan skripsi saya umumnya bakal lebih saya prioritaskan untuk janji temu daripada mahasiswa yang lain.
  • Untuk feedback, seengganya saya butuh ~1 minggu untuk ngembaliin berkas kalian dengan catatan-catatan dari saya. Bisa lebih kalo saya lagi overload (dan ini akan saya informasikan di awal). Jadi sambil nunggu masukan dari saya, kalian bisa nyambi ngerjain bab berikutnya. Jangan nunggu feedback dari saya balik dulu, baru ngerjain bab selanjutnya.
  • Setelah bab 1 jadi, saya akan minta kalian langsung siapkan instrumen dan akan menjadwalkan satu pertemuan intensif tentang desain penelitian dan instrumennya.
  • Untuk pengesahan naskah sebelum dikumpulkan ke akademik, saya butuh waktu minimal 2 minggu untuk ngecek seluruh naskah dan ngasih tanda tangan. Kalau naskah dikumpulkan terlalu dekat dengan tenggat waktu yang ditetapkan oleh panitia skripsi (kurang dari 1 minggu sebelum pengumpulan), naskah ga akan saya tanda tangani.
  • Saya ga akan ngecek progres kalian satu-satu secara personal. Kalian yang harus proaktif. Kalo kalian idle ga pernah inisiatif ngontak saya, saya juga ga akan nyariin kalian. Skripsi adalah tanggung jawab dan project pribadi kalian, sedangkan tanggung jawab saya hanya mensupervisi aja.
  • Berkaitan dengan publikasi hasil skripsi, secara umum saya TIDAK bersedia nama saya dicantumkan sebagai co-author/penulis kedua dalam naskah publikasi kalian, kecuali ada hal-hal lain yang disepakati bersama selama proses pembimbingan.
  • Saya akan memberikan peluang mahasiswa untuk terlibat dalam penelitian saya dengan benefit mahasiswa bisa memanfaatkan data dari project saya untuk penyusunan skripsinya. Slot untuk penelitian payung ini tidak banyak dan tidak untuk semua mahasiswa. Silahkan tanya saya langsung soal ketersediaan peluang ini atau silahkan lihat di website ACeHAP-RG.

Mahasiswa yang bukan bimbingan skripsi saya

Secara umum, semua mahasiswa (yang bukan bimbingan skripsi saya) boleh berkonsultasi dengan saya, asal sepengetahuan dosen pembimbing skripsi. Jadi, silahkan bilang dan minta ijin sama dosbing kalian dulu. Ini syarat wajib yang ga bisa ditawar-tawar.

“Pak, saya mau diskusi soal penelitian saya…”

Tolong spesifik dalam mendeskripsikan persoalan yang mau dikonsultasikan. Lebih baik melalui email, sehingga saya bisa dapat gambaran yang jelas mengenai persoalan yang kalian hadapi. Jangan buru-buru bikin janji temu, karena sebagian besar mahasiswa yang minta janji temu persoalannya udah bisa diselesaikan dengan diskusi melalui email. Kalo ternyata persoalannya sangat kompleks, deskripsikan persoalanmu secara detail nanti baru saya putusin kalian perlu/tidak ketemu saya langsung.

“Pak, saya ingin konsultasi tentang SPSS…”

Mohon maaf, saya ga memberikan janji temu untuk SPSS. Saya udah ga pakai SPSS sejak 2018 dan tidak akan pakai lagi besok-besok. Sekarang sudah ada banyak software alternatif SPSS yang open source dan gratis dengan interfacedan fungsi yang persis sama dengan SPSS, yaitu jamovi. Tutorialnya banyak di Youtube dan Google. Tampilannya identik dengan SPSS malahan lebih enak dilihat. Oleh karena itu, baiknya segera uninstall SPSS bajakanmu dan ganti dengan perangkat lunak yang open-source (dan legal).

Demikian tulisan ini saya buat untuk kenyamanan dan sebagai bentuk transparansi Dosen dan Mahasiswa. Tentu ada hal urgent diluar tulisan ini yang dapat menjadi catatan, tetapi secara garis besar seperti ini.

Terimakasi.