Home Kuis

Orientasi dan Job Placement

Orientasi dan job placement merupakan satu tahapan yang dilakukan oleh HR Management setelah terpilih kandidat terbaik melalui proses rekruitmen dan seleksi.

di Video yang diambil dari akun Google di Youtube berikut menjelaskan proses student intership yang dilakukan Google yang dapat menjadi gambaran bagaimana orientasi dan jobplacement di tempat itu.

KUIS:

Bagaimana anda menggambarkan orientasi dan job placement di Google? dan metode apa yang mereka pakai untuk melakukan orientasi dan job placement di sana (kaitkan dengan materi diskusi kelas hari ini) ?

Aturan Menjawab:

  1. Jawablah kuis kolom komentar di tautan blog ini maksimal satu  paragraf (1 paragraf berisi maksimal 200 kata).
  2. Tuliskan nama pada saat menjawab dengan mencantumkan Nama dan NIM kalian.
  3. Lebih mudah Follow blog ini untuk mempermudah moderasi dan mempermudah untuk melacak siapa yang menjawab kuis.
  4. Maksimal pengisian kuis pada hari Rabu, 13 Maret 2019 Pukul 15.00 WIB.
  5. Selamat bekerja.

About iaridlo

Departement of Health Policy and Administration. Faculty of Public Health. Universitas Airlangga

85 comments on “Orientasi dan Job Placement

  1. Izza Mahendra 101711133147

    Nama : Izza Mahendra
    NIM : 101711133147

    Metode yang dilakukan google untuk job placement yaitu dengan menempatkan karyawannya dibidang bidang yang sesuai dengan pendidikannya atau sesuai dengan minat bakat dari karyawannya, sehingga pada saat orientasi maka tidak dibutuhkan usaha yang berlebih untuk mengenalkan lingkungan kerjanya terhadap karyawan baru yang berarti itu efisien dan penanganan terhadap jobdesk tiap bidangnya akan sangat efektif karena karyawannya bekerja sesuai dengan pendidikannya atau minat bakatnya. Orientasi yang dilakukan google juga sangat mengedepankan rasa nyaman terhadap karyawan baru, terbukti dengan job placement yang sesuai dengan pendidikan/minat bakatnya, sambutan yang ramah terhadap karyawan baru, senior yang bersedia membantu karyawan baru, sehingga masalah masalah yang terdapat pada fase orientasi dapat diminimalisir dan sangat besar kemungkinannya produktifitas google akan stabil bahkan cenderung bertambah baik dikarenakan lingkungan kerja google dibuat begitu nyaman yang dapat memicu produktifitas setiap karyawannya.

  2. Dinda Nur Asri Mutiara Ramadhani

    Nama : Dinda Nur Asri M. R
    NIM : 101711133136

    Gambaran orientation dan job placement Google di video tersebut menggambarkan bahwa orientation diberikan agar pegawai mampu mengenal dan beradaptasi, serta mengetahui dan terampil saat menjalankan tugas/pekerjaan. Dengan begitu karyawan mampu dengan mudah beradaptasi dengan pekerjaan karena lingkungan pekerjaan yang baik, seperti pada video tersebut bahwa karyawan mampu mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja nya tanpa ada rasa takut atau canggung dikarenakan lingkungan kerja yang sangat mendukung dan mau membantu antar sesama tidak membedakan antara pegawai baru dan pegawai yang lama serta juga job placement yg ada pada perusahaan yg berperan penting dalam menyesuaikan kedudukan pegawai sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing sehingga para pegawai dapat menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dan penuh tanggung jawab serta efisien tanpa adanya rasa suatu tekanan pada perusahaan.
    Metode yang Google pakai yaitu dengan metode ketepatan dalam penempatan pegawai sesuai dengan keterampilan masing-masing

  3. Innaha Ilma

    Nama : Innaha Ilma Wardaya
    NIM : 101711133102

    Pekerja yang dinyatakan lolos dari proses seleksi akan memperoleh orientasi dari Google berupa internship selama satu minggu. Google melaksanakan masa intership sebagai masa pengenalan dan adaptasi terhadap lingkungan baru dan menimbulkan perasaan nyaman di Perusahaan. Hal tersebut dikarenakan proses orientasi yang tidak membedakan latar bekalang karyawan dan penciptaan suasana yang menyenangkan. Satu hal yang menarik yaitu Google menekankan sikap Be Yourself kepada karyawan baru selama masa internship tanpa adanya rasa takut karena status jabatan internship. Hal tersebut mendorong sense of belonging karyawan yang mendorong kontribusi dan produktivitas dalam bekerja. Orientasi yang digunakan oleh Google yaitu tipe induksi dan sosialisasi. Tipe induksi meliputi penjelasan mengenai Perusahaan Google secara umum baik secara kelompok atau personal. Tipe sosialisasi untuk meningkatkan kemampuan karyawan baru yang menunjang kinerja seperti pengarahan terkait skill yang dimiliki dengan bantuan dari atasan atau teman lainnya. Job Placement yang dilaksanakan berdasarkan hasil seleksi yang sesuai dengan spesifikasi pekerjaan dan kemampuan karyawan tersebut. Hal yang dipertimbangkan dalam penemapatan adalah latar belakang pendidikan dan minat bakat karyawan. Segala komponen tersebut menciptakan suasana kerja yang nyaman serta produk yang berkualitas.

  4. Adnan Shaubilhaq

    Adnan Shaubilhaq I.K.
    101711133122
    IKM B 2017

    Dari apa yang saya lihat dari video yang tertera atas bagian dari tugas ini, adalah bagaimana google pertama; tidak meremehkan intern-internnya yang mungkin masih berkuliah dan belun memiliki work experience yang penuh, kedua; memperhatikan dan mencerminkan talenta masing-masing internnya dengan strategi planning dan actuating yang penuh keterlibatan langsung antara pelatih dan para intern, dan ketiga; google sebagai sebuah perusahaan raksasa dunia tidak mengenal batasan untuk memperkenalkan apa itu google sebenarnya kepada para intern. Google secara strategis memiliki bukan sebuah kantor, tetapi sebuah workspace raksasa yang mereka sebut sebagai Google Campus. Disana Google menyediakan beragam fasilitas yang menciptakan suasana nyaman dan menyambut. Proses orientasi yang dipakai adalah sosialisasi nilai-nilai yang sangat terbuka untuk para intern berkreasi untuk kontribusinya untuk Google. Apa yang diterapkan Google sangat cocok dengan kebutuhan dan lapangan kerja Google, tech designers, web engineers, ahli marketing, dan lain-lainnya memiliki lingkup kerja yang sangat terbantu apabila diberikan kebebasan kreativitas tinggi.

  5. Prawesti Nayenggita M.

    Nama: Prawesti Nayenggita M.
    NIM: 101711133115

    Google Interns diperlakukan seperti full timers yang bekerja bagi Google Inc. Di sini mereka mengemban tanggung jawab yang cukup besar bagi seorang intern. Mereka ditempatkan pada divisi yang sesuai dengan minat atau latar belakang mereka, metode ini membuat para intern merasa memiliki modal dalam bekerja meskipun mereka terus menerus belajar tentang “how things work” dan mengembangkan skillsetnya. Google menciptakan atmosfir orientasi yang tidak terbatas dan santai, sehingga interns beradaptasi dengan cukup mudah dalam lingkungan barunya. Orientasi bagi google interns ini diberikan untuk memberikan “firsthand experience” seluk beluk pekerjaan divisi yang ada di Google Inc. Tentang lingkungan, norma yang berlaku, budaya, kebiasaan, kinerja, dan lain sebagainya. Orientasi ini sangat efektif, karena interns terbukti dapat beradaptasi dengan baik dengan lingkungan baru, develop trust on the company, dan memiliki keinginan untuk berkembang bersama corporation.

  6. Salsa Daffania Mawaddah
    101711133134
    Menurut saya, video tersebut adalah contoh orientasi yang berhasil. Karena pada akhirnya orang-orang yang diorientasi merasa nyaman dan merasa menjadi bagian dalam perusahaan. Sikap dari karyawan yang lain pun juga mendukung, mereka bersikap sangat ramah, memotivasi, dan tidak membedakan orang yg mengikuti internship sebagai orang asing, tapi sudah sebagai bagian dari tim. Hal ini menjadikan orang yang melakukan internship tidak hanya diberi informasi tapi juga ingin menggali informasi sendiri, sehingga mereka jadi tau mengenai google, dan tujuan orientasi pun tercapai. Sedangakan metode penempatan yang dilakukan adalah berdasar pada background pendidikan yang mereka tempuh, sesuai dengan materi msdm tadi bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi job placement adalah faktor prestasi akademik. Hal ini menguntungkan karena pekerjaan akan dapat berjalan efektif dan efisien, serta dapat mengurangi biaya untuk melakukan pelatihan.

  7. Evita Della Ertiana

    Nama: Evita Della Ertiana
    NIM: 101711133149

    Berdasarkan video yang telah saya lihat, saya menangkap bahwa para intership di perusahaan Google tersebut benar-benar diberikan orientasi, yang mana mereka diberikan pengenalan (lingkungan, tentang perusahaan), pengalaman beradaptasi, memberi mereka ruang dan kesempatan untuk bekerja. dengan tujuan agar mereka memahami bagaimana kemampuan mereka yang nantinya akan dikembangkan dan mereka juga dapat mengembangkan potensi dalam diri untuk menaruh dirinya pada perusahaan. dengan orientasi itulah para internship dapat menyesuaikan diri dengan kemampuan dan lingkungan kerja mereka, perusahaan juga memberi fasilitas yang nyaman agar nantinya para karyawan itu dapat bekerja dengan baik dan lebih optimal dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Job Placement pada video itu menggambarkan bahwa para karyawan ditempatkan pada tempat yang sesuai dengan kemampuan dan potensi diri mereka, dengan tujuan untuk meminimalisir rasa jenuh dan tertekan yang dirasakan karyawan karna apabila ditempatkan pada bidang yang tidak mereka kuasai tanpa minat dan kemampuan akan berdampak pula pada pekerjaan mereka nantinya.

  8. Deanida Ankhofiya

    Nama :Deanida Ankhofiya
    NIM : 101711133120

    Berdasarkan video diatas dapat diketahui bahwa proses orientasi atau pengenalan bagi pegawai magang di Google dilakukan dengan kegiatan seminar, berkeliling kantor Google, dibentuknya kelompok-kelompok antar pegawai magang agar mereka lebih mudah untuk beradaptasi, dan pemberian informasi melalui karyawan yang lebih senior. Karyawan yang lebih senior memberikan informasi dan motivasi kepada karyawan baru dengan membentuk suasana yang friendly dan nyaman sehingga karyawan tidak takut untuk bertanya ketika mengalami kesulitan atau ketidaktahuan. Proses orientasi yang dilakukan oleh Google sesuai dengan yang dijelaskan oleh French (2012:65) bahwa proses orientasi dilakukan dengan pendekatan partisipatif, sambutan hangat, dan perhatian terhadap karyawan. Sedangkan job placement atau penempatan seseorang di posisi tertentu di Google dilakukan dengan memperhatikan spesialisasi, keterampilan, dan pengetahuan mereka, contohnya Paola Marea yang berkuliah di Universitas Miami jurusan adversiting and marketing ditempatkan di bagian marketing dan Kim Day yang berkuliah jurusan Physic and computer science di Institut Teknologi Florida ditempatkan di bagian engineering. Google menempatkan pegawai di jabatan tersebut tidak hanya dilihat dari pendidikan tetapi juga hal yang diminati oleh karyawan sehingga pegawai akan melaksanakan pekerjaan dengan senang dan tidak adanya tekanan karena sudah sesuai dengan passion mereka. Proses job placement dengan metode seperti ini akan berdampak pada meningkatnya produktivitas dan kinerja pekerja.

  9. Aprilia Dwi Purwanti

    Aprilia Dwi Purwanti
    101711133114
    Dari vidio tersebut dapat saya simpulkan bahwa Google menggunakan metode job placement dengan mempertimbangkan keahlian dan minat bakat yang dimiliki oleh karyawan magang tersebut, sehingga karyawan tersebut merasa nyaman dan lebih produktif dalam pekerjaannya. Kemudian tipe Orientasi yang dilakukan google yaitu induksi mengenalkan karyawan mengenai apa yang ia akan kerjakan, peraturan, kebijakan, dan prosedur yang ada di google dengan menggunakan metode orientasi yang santai dan membuat karyawan merasa kehadirannya diterima dengan baik. Google juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang tergolong unik dibanding dengan perusahaan lain yang membuat para karyawannya semakin nyaman dan mencintai lingkungan perusahaan tersebut, sehingga dapat membuat karyawan mengembangkan ke-kreatifitasan dalam hal melaksanakan pekerjaannya. Kemudian, orientasi tersebut yang dilakukan seniornya dengan memberikan motivasi, memberikan rasa nyaman untuk menyampaikan pendapat, mementori atau memberi pengarahan dengan baik, dan dengan adanya orientasi di google dari vidio tersebut memperlihatkan adanya kedekatan atau keakraban dari para karyawannya baik karyawan baru/ sedang magang maupun karyawan lama (senior).

  10. Charisma Agustin

    Charisma Agustin
    101711133088

    Internship di Google sangat memuaskan bagi para intern dan layak dipandang berhasil karena sangat banyak aktivitas setiap harinya tetapi selalu ada yang baru dengan aktivitas/orang yang ditemui lebih menyenangkan dan menarik dari sebelumnya. Intern juga diberitahu saat mereka menjadi intern tidak berarti kamu bukan termasuk bagian dari tim, tapi mereka adalah bagian penting dari tim sesuai dengan job placement mereka dan berminat untuk belajar terus menerus. Setelah menjalani orientasi para intern menjadi tersadar untuk mengaitkan antara imajinasi dan produktivitas sehingga saat mereka sudah bekerja nanti mereka akan selalu produktif dengan imajinasi yang mereka miliki karena hal yang penting dari suatu pekerjaan adalah tantangan. Selain itu, pada masa orientasi sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk membuat karyawan baru merasa cocok dengan perusahaan mereka sekarang dan diharapkan memiliki dampak sejak awal karena para intern sudah mengetahui bagaimana pola pikir, norma, aturan dan perilaku di tempat kerja.
    Pada orientasi di Google menggunakan metode tipe orientasi induksi dimana para intern ini diberikan wawasan pertama tentang suasana di tempat kerja dan penjelasan tentang bagaimana struktur dan penempatannya, lalu perusahaan berusaha menumbuhkan citra baik dalam diri masing-masing intern sehingga mereka senang dan bangga ketika bekerja di Google sekaligus merasa sangat senang untuk memulai suatu pekerjaan yang akan diberikan kepadanya tetapi juga mereka diajarkan untuk mengatasi berbagai kekompleksitasan masalah yang dihadapi. Sedangkan tipe orientasi sosialisasi juga dilakukan oleh Google untuk para intern dengan mengadakan brainstorming/tukar pikiran dengan dikumpulkannya para karyawan di suatu ruangan sehingga mereka bisa saling mengeluarkan pendapat satu sama lain.

  11. Kaoline Eki Maharani Putri Efendi

    Nama : Kaoline Eki M.P.E
    NIM : 101711133106

    Para pegawai baru yang berasal dari berbagai macam latar belakang diberikan orientasi pada lingkungan kerja di google. Google menggunakan tipe induksi dan sosialisasi pada saat orientasi. Para pegawai mendapatkan internship selama satu minggu. Dalam waktu satu minggu tersebut para pegawai baru langsung ditempatkan di ruang kerja dan diberikan pengarahan pekerjaan. Mereka ditempatkan sesuai dengan latar belakang mereka. Hal ini membantu menumbuhkan semangat kerja pada pegawai baru sehingga tidak merasakan kecemasan. Mereka diberikan kesempatan untuk berpendapat tanpa takut jika pendapatnya salah serta mereka tidak perlu takut akan posisinya. Selain itu, para pegawai baru merasa nyaman pada lingkungan kerjanya karena ketika orientasi mereka di perkenalkan standar kinerja di google, budaya organisasi dan etika di google, menanamkan visi organisasi. Metode yang digunakan google dalam penempatan kerja yaitu google menempatkan pegawai barunya sesuai dengan hasil seleksi dari spesifikasi pekerjaan. Hal ini dilakukan agar pekerjaan yang dilakukan dapat berjalan dengan efektif sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

  12. Khilma Rintan

    Nama : Khilma Rintan Khurya
    NIM : 101711133107
    Kelas : IKM B 2017

    Setelah melihat video yang ada diatas, menurut saya orientasi yang dilakukan Google menggunakan metode yang sangat bagus. Google tidak pernah membeda-bedakan antara internship dan pegawai tetap. Mereka memperlakukan anggota internship sebagai anggota keluarga Google sehingga para internship tidak perlu takut untuk bertanya dan melakukan pekerjaannya. Setiap anggota internship diberi pengenalan oleh pegawai tetap dengan cara seminar bersama, jalan-jalan untuk mengenal daerah Google, fasilitas yang bisa digunakan dan etika-etika yang harus dilakukan saat di Google sehingga anggota internship benar-benar mengetahui Google. Walaupun memiliki latar belakang yang berbeda-beda, para anggota internship merasa dirinya sama. Mentor-mentor yang menemani para internship juga tidak membuat sekat, dan menganjurkan agar para anggota internship selalu bertanya jika tidak tahu. Rasa kekeluargaan yang ada di Google cukup kental sehingga bisa mebuat para internship nyaman dan betah. Pada saat Job Placement, Google juga sudah mempertimbangkan dengan baik antara kompetensi yang dimiliki oleh para internship dengan pekerjaan yang dibutuhkan sehingga mereka dapat mengimplementasikan ilmu yang telah mereka miliki. Menurut saya, metode yang dilakukan Google sudah cukup baik untuk membuat para internship merasa bahwa Google milik mereka dan bukan sekedar tempat kerja.

  13. Hasnur Zalsabila

    Nama : Hasnur Zalsabila Arna
    NIM : 101711133105

    Dalam video tersebut, dapat dilihat bahwa Google menempatkan karyawan sesuai dengan kemampuan, bakat, serta minat dari karyawan tersebut. Oleh karena itu, karyawan jadi bersemangat dalam bekerja, karena bidang yang digelutinya merupakan apa yang diminati oleh dirinya dan pekerjaan itu merupakan suatu hal yang di kuasai dengan baik. Pelaksanaan job placement seperti ini, dapat membantu perusahaan untuk lebih berkembang kedepannya, serta meningkatkan produktivitas perusahaan.
    Sedangkan dalam job orientation,dapat dilihat Google memperkenalkan perusahaannya dengan detail dan jelas. Sehingga informasi yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami oleh karyawan baru tersebut dan terhindari dari terjadinya miss komunikasi. Selain itu job orientation yang dilakukan oleh Google juga dilaksanakan dengan pembawaan yang santai, sehingga karyawan baru tidak merasa khawatir atau takut untuk bekerja disana. Jadi dapat disimpulkan metode yang digunakan oleh Google sangat tepat, dimana mereka menempatkan karyawan barunya sesuai kemampuan dan minat dari karyawan tersebut.

  14. Afina Puspita Zari

    Nama : Afina Puspita Zari
    NIM : 101711133118
    Kelas : IKM B 2017

    Dari video tersebut, terlihat bahwa Google tidak membedakan dan tidak meremehkan karyawan-karyawannya sehingga karyawan cenderung menimbulkan rasa senang dan dengan timbulnya memiliki rasa senang tersebut karyawan baru akan sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya yang baik terbukti dalam video tersebut, bahwa karyawan baru sangat mudah akrab dan tidak canggung karena lingkungan di dalam Google sangat mendorong karyawan baru untuk melakukan sebuah kontribusi dan saling membantu seluruh karyawan baik karyawan baru maupun karyawan lama. Dan di dalam video tersebut, Metode Job Placement yang digunakan dalam Google sangat baik karena menempatkan karyawan-karyawan sesuai dengan pekerjaan dan kemampuannya masing-masing sehingga karyawan tersebut dapat bekerja dengan efisien dan dapat bekerja dengan baik sehingga tidak menimbulkan suatu tekanan karena bekerja pada kemampuannya. Jadi menurut saya, orientasi yang ada di Google berhasil karena manfaat dari program orientasi bertujuan untuk mengurangi kecemasan karyawan dan karyawan baru mampu mempelajari dan menjalani tugasnya dengan baik dan terbukti didalam video tersebut, bahwa karyawan tidak memiliki rasa cemas karena lingkungannya yang baik dan menjalankan tugasnya dengan baik karena metode Job Placement nya yang tepat.

  15. Milada Mohammad Ravsanjanie

    Nama : Milada M Ravsanjanie (101711133133)

    Orientasi yang dilakukan oleh Google sudah sesuai dengan yang didefinisikan para ahli yakni proses pengenalan fasilitas, budaya, lingkungan, dan lain sebagainya yang ada dalam organisasi agar karyawan baru bisa tau dan nyaman bekerja di organisasi tersebut. Google memberikan metode yang menarik dan senyaman mungkin dalam menerima karyawan baru mulai dari cara penyampaiannya dan penyediaan fasilitas yang sangat lengkap agar karyawan nyaman. Begitu juga dengan job placement nya, Google menempatkan karyawan di tempat pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minatnya. Hal ini berkaitan dengan prinsip dari job placement itu sendiri sehingga karyawan tersebut dapat berkerja secara optimal karena sesuai dengan kemampuan dan minatnya.

  16. Nama : Ulfah Mu’amarotul Hikmah
    NIM : 101711133083

    Dari video yang menjelaskan tentang proses student internship yang dilakukan oleh Google saya melihat bahwa Google sebagai sebuah perusahaan besar sangat mampu untuk mempertahankan kualitas dari karyawannya. Ini terbukti dari proses student internship yang dikemas secara rapi. Pekerja baru yang telah lolos seleksi mendapatkan orientasi melalui internship tersebut, mereka dikenalkan dan berdaptasi terhadap lingkungannya dengan begitu baik (seperti mendapat fasilitas pendamping) sehingga perasaan nyaman bagi pekerja di perusahaan dapat tercapai. Dalam video itu juga ditunjukkan bahwa dalam masa orientasi Google tidak membedakan latar belakang karyawan namun selalu berusaha membuat si karyawan tersebut nyaman. Mereka mekankan bahwa setiap karyawan memiliki karakteristik dan posisi yang sama-sama dipentingkan diperusahaan sehingga mereka dalam bekerja nanti mereka tidak akan merasa terintimidasi. Tak kalah penting Google juga sangat memeperhatikan job placement pada setiap karyawannya. Mereka berkeyakinan bahwa ketepatan dalam penempatan pegawai yang sesuai dengan keahliannya masing-masing akan dapat membawa outcome bagus bagi perusahaan. Selain itu, fasilitas yang sangat mumpuni di perusahan dapat membuat kualitas karyawan dapat terjaga dan semakin membaik. Dari semua itu dapat dimungkinkan Google dapat menjalankan perusahaannya dengan terus stabil karena semua pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien karena penataan karyawan sedari awal sangat baik.

  17. Devi Ultima Rahmadani

    Nama : Devi Ultima Rahmadani
    NIM : 101711133119

    Di dalam video tersebut, dapat menggambarkan bahwa proses orientasi (yaitu internship selama seminggu) di Google dapat dikatakan berhasil karena kita bisa melihat tujuan-tujuan dari orientasi seperti para pegawai baru merasa tenang dan diterima; sifat-sifat positif terhadap pekerjaan, rekan kerja dan perusahaan dapat tertanamkan; menyediakan fasilitas dan informasi-informasi kepada karyawan baru; dan lain sebagainya itu telah dilakukan selama masa orientasi di Google itu. Google menggunakan dua metode orientasi yaitu metode induksi berupa pengenalan secara umum tentang perusahaan Google itu sendiri kepada para pegawai dan metode sosialisasi yang bersifat jangka panjang berupa penerapan sikap-sikap yang tepat dan adanya interaksi saling membantu dalam bekerja antara teman atau antara bawahan dan atasan. Job Placement yang dilakukan oleh Google juga sudah sangat tepat yaitu menempatkan para pegawai di bidang pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang kemampuan dan kompetensi mereka, sehingga para pegawai tersebut merasa nyaman dan sangat semangat untuk melaksanakan pekerjaannya. Overall, orientasi dan job placement yang telah dilaksanakan oleh Google ini sangat berhasil sehingga suasana lingkungan kerja bisa memiliki vibe yang sangat baik, dan para pegawai-pun merasa senang, nyaman dan merasa diterima di lingkungan yang baru bagi mereka ini.

  18. Miranda Magda E

    Miranda Magda Enjelia — 101711133116

    Gambaran orientasi dan job placement yang dilakukan oleh Google yakni melakukan job placement sesuai dengan kemampuan yang telah dimiliki oleh masing-masing individu. Penempatan dilakukan sesuai dengan minat dan bakat yang telah mereka miliki, sehingga menimbulkan suasana yang menyenangkan dalam bekerja. Sedangkan orientasi yang dilakukan yakni dengan pengenalan tempat-tempat kerja dan pengenalan mengenai pekerjaan yang mereka lakukan. Orientasi ini dibantu oleh senior mereka secara menyenangkan dan ramah sehingga para karyawan baru dapat lebih leluasa dalam memahami seluk beluk perusahaan tanpa terkesan terpaksa. Jika dikaitkan dengan materi Job Orientation dan Job Placement, Google menggunakan metode induksi dan sosialisasi dalam proses orientasi mereka. Dimana proses induksi meliputi pengenalan mengenai sejarah dan seluk beluk perusahaan, serta tempat-tempat yang akan mereka gunakan untuk bekerja, tanggung jawab, kebijakan maupun saling bertemu dengan karyawan yang lain untuk membangun kerjasama didalam sebuah tim. Sedangkan proses sosialisasi yakni dengan adanya bantuan dari senior yang membantu mereka dalam berkembang dan memperkenalkan budaya yang ada didalam organisasi. Dalam proses Job Placement ini ada beberapa proses yakni menentukan kebutuhan SDM karyawan, kemudian penempatan yang sesuai dengan kemampuan yang telah dimiliki oleh karyawan baru dan tentu karyawan yang terpilih merupakan karyawan yang memiliki kemampuan dan pengalaman yang berkualitas dan dibutuhkan oleh perusahaan.

  19. risma ainun shafira

    Nama : Risma Ainun Shafira
    NIM : 101711133090

    Orientasi dan job placement di google banyak menerapkan pinsip yang ada dalam job placement, dimana mereka menggunakan metode yang memungkinkan pekerja magang merasa tidak asing dengan lingkungan kerja. Google menempatkan pekerja magang sesuai dengan kualifikasi mereka dan membimbing mereka mengenal pekerjaan mereka. Teknik yang digunakan dalam orientasi sangat mempermudah pekerja magang untuk berkembang, dilihat dari para pengisi materi yang menyenangkan dan supervisor yang dengan senang hati membantu para pekerja magang sehingga pekerja magang juga tidak merasa canggung. Orientasi yang dilakukan sangat menyenangkan dan tidak menegangkan sehingga dapat dilihat bahwa manfaat orientasi seperti mengurangi kecemasan karyawan dan lainya benar-benar dapat dicapai. Penggunaan metode job placement yang digunakan juga memudahkan pekerja mempelajari segala hal berkaitan tentang pekerjaan yang akan dijalani. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan google selama orientasi serta job placement sangat menyenangkan dan menarik bagi para pekerja magang, dapat dibuktikan dari komentar-komentar positif serta pujian yang diberikan oleh pekerja magang.

  20. hidayatul rulling amanda sari

    Nama : Hidayatul Rulling Amanda Sari
    Nim : 101711133161

    Berdasarakan video tersebut dapat disimpulkan bahwa orientasi pegawai baru google menggunakan tipe orientasi campuran (induksi dan sosialisasi), dimana pegawai baru selama satu minggu dibimbing, diarahkan dan diperkenalkan dengan lingkungan kerja oleh pegawai yang lebih senior.sehingga manfaat yang didapat pegawai baru yakni mengurangi kecemasan akan ketidaktahuan serta dapat mempelajari tugasnya dengan baik. Selain itu, seiring dengan berjalannya waktu pegawai baru juga dituntut untuk lebih mengenal tentang lingkungan kerja. Baik antar rekan kerja, atasan maupun bawahannya. dan dalam jangka waktu panjang pegawai baru dapat lebih mengenali tentang norma yang telah ditetapkan google dan dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Sedangkan metode Job placement yang digunakan adalah menempatkan posisi pegawai baru sesuai dengan spesifikasi dan keahlian yang dimiliki. semua pegawai baru yang mempunyai latar belakang yang berbeda , memiliki tujuan dan skill yang berbeda tetapi ada kesamaan yakni kemampuan dibidang teknologi. Akan tetapi perusahaan google tatap memposisikan mereka sesuai dengan minat, kemampuan serta skill yang dimiliki. Sehingga pekerjaan yang mereka lakukan dapat berjalan dengan efisien, tanpa ada rasa tekanan maupun beban kerja dari perusahaan yang dapat menciptakan suasana kerja yang nyaman dan produktifitas yang baik ditempat kerja.

  21. Andhini Aurelia

    Nama : Andhini Aurelia Putri
    NIM : 101711133130

    Video tersebut menunjukkan bagaimana atmosfer kerja di Google dan bagaimana cara Google me-manajemen sumber daya manusia yang ada di perusahaan tersebut. Terlihat sangat jelas bahwa atmosfer kerja yang ada di Google sangat menyenangkan dan juga memiliki konsep yang berbeda dari perusahaan lainnya dibuktikan dengan adanya fasilitas yang diberikan oleh Google dan bisa digunakan oleh siapa saja (baik atasan maupun bawahan). Itulah yang membuat pekerja merasa nyaman dan juga betah dalam melaksanakan jobdesknya sehingga dapat mengembangkan rasa kesetiaan dari pekerja. Hal tersebut tidak lepas dari orientasi yang telah diberikan oleh supervisor Google. Mereka menggunakan konsep orientasi “you’re not a member but a team” yang mana konsep tersebut memberikan kesan yang baik terhadap pekerja khususnya pekerja baru dan tidak ada istilah “kamu orang baru, saya orang lama”. Semua pekerja Google diperlakukan sama dan semua berhak menggunakan fasilitas apapun yang disediakan oleh Google. Pada saat orientasi, pekerja diberbagai bidang dijadikan satu team agar saling mengenal dan juga bekerja sama untuk mencapai tujuan dengan memaksimalkan kemampuan yang mereka miliki sesuai dengan bidangnya sehingga menghasilkan Observe and Act dan Constructive Work-ethnic. Dari hasil orientasi tersebut, Google bisa menentukan Job Placement dengan mempertimbangkan kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan.

  22. Taufik Imadudin

    Nama : Taufik Imaduddin
    NIM : 101711133113

    Menurut saya, orientasi dan job placement di Google terlihat santai, friendly, dan memiliki susasana yang positif serta membangun. Meski santai dan eksentrik namun tetap akademis seperti yang dikatakan salah seorang interns. Metode orientasi dan job placement yang digunakan Google menurut saya adalah dengan cara induksi, atau saya mengatakannya ‘motivational coaching’ dimana karyawan lama memberikan bimbingan atau contoh model terkait pelaksaan pekerjaan rutin mereka nantinya. Namun, selain memberi arahan mereka juga melakukan pendekatan motivasional seperti pesan untuk tidak perlu takut gagal, tidak perlu takut bertanya, dan tidak perlu merasa seperti outsider hanya karena interns. Lingkungan kerja yang nyaman dan membangun seperti inilah yang memberikan first impression sangat baik bagi pekerjanya di masa orientasi sehingga para pekerja dapat terus semangat, tidak mudah bosan, dan tetap produktif. Setelah menonton video diatas saya jadi ingin mampir ke Google hihi

  23. Carissa Nufandya

    Nama : Carissa Nufandya Rahmadanti
    Nim. : 101711133087
    Kelas : IKM B 2017

    Google berinvestasi dengan merekrut karyawan menggunakan model student internship, dimana calon karyawan dilatih dan diberi beasiswa agar nantinya bisa bekerja sesuai kemampuan (job placement yang tepat) tidak peduli background dari karyawan tersebut asal punya softskill yg baik, Google juga menerapkan metode microlearning yang efektif untuk melatih karyawannya. Goodjob Google (:

  24. Isas Awwalina

    Isas Awwalina
    101711133085
    Job orientation di pt google sangatlah patut dicontoh karena mereka mampu memberikan orientasi yang baik kepada karyawan barunya dalam video tersebut bisa dilihat bahwa seorang karyawan diberikan perlakuan yang bisa membuat mereka merasa senang tanpa tertekan pada kondisi kerja yang baru, meskipun dari mereka ada beberapa yang pernah memiliki riwayat pekerjaan tentu ini menjadi sebuah tempat baru juga bagi mereka. Orientasi yang mereka gunakan adalah metode induksi dan sosialisasi baik dengan mengenalkan tempat-tempat kerja dan fasilitas kerja, rekan kerja mereka dan juga terkait spesifik pekerjaan mereka yang mana menjadi sebuah job placement dimana mereka harus bekerja dan apa saja tugas yang harus mereka kerjakan. Meskipun masih pada tahap awal bekerja yakni diberi internship selama seminggu namun, para karyawan baru sudah dianggap sebagai pegawai biasanya saja, tidak perlu malu atau canggung karena kita semua adalah team dan mereka sangat boleh berpendapat karena budaya di google suasananya sangatlah terbuka, menyenangkan.
    Job placement mereka tentu disesuaikan dengan background pendidikan mereka dan kemampuan mereka sehingga dengan seperti ini para pegawai mampu menjalankan tugas dengan profesional bahka di hari pertama mereka, mereka sudah mampu mengerjakan job yang diamanahkan karena tidak adanya kesalahan dalam job placment.

  25. Angela Tesalonika Oktavera

    Nama : Angela Tesalonika Oktavera
    NIM : 101711133135

    Kesuksesan Google bukan hanya dikarenakan produk yg dihasilkan tetapi juga karena keberhasilan orientasi serta job placement yang dilaksanakan. Orientasi yang dilakukan oleh Google berisi tentang pengenalan perusahaan Google kepada karyawan baru yang akan mulai bekerja, melalui pemberian informasi dan penanaman sikap serta budaya yang diterapkan di Google. Tujuan orientasi secara garis besar telah dicapai oleh Google, antara lain karyawan merasa diterima dan merasa nyaman, perusahaan menanamkan sikap positif pada karyawan dilihat dari budayanya yang sangat ramah dalam menyambut karyawan baru, serta informasi-informasi yang disampaikan kompleks termasuk juga adanya keliling perusahaan untuk memperkenalkan lebih jauh. Orientasi yang dilakukan secara induksi melalui presentasi untuk penyampaian informasi, dan secara sosialisasi melalui interaksi para karyawan baik pada atasan, karyawan senior, maupun karyawan baru. Untuk job placement yang diterapkan, Google menempatkan karyawan sesuai dengan latar belakang pendidikan serta minat dan bakat atau potensi yang dimiliki. Istimewanya lagi Google tidak meremehkan karyawan baru yang bekerja disana. Dengan metode tersebut, tujuan job placement dapat tercapai, yaitu karyawan menjadi lebih fokus dan merasa mampu dalam melakukan pekerjaannya, dan kinerja karyawan mencapai kemampuan maksimalnya, karyawan juga merasa nyaman dengan pekerjaannya serta budaya yang ada di perusahaannya. Dengan demikian, produktivitas perusahaan akan meningkat, seiring dengan kinerja karyawannya.

  26. Aisyah Putri Rahvy

    Aisyah Putri Rahvy
    101711133153
    IKM B 2017

    Setelah melihat video tentang orientasi dan job placement yang dilakukan Google, saya dapat menyimpulkan bahwa proses tersebut tidak hanya berfokus tentang mengenalkan perusahaan kepada intern, tetapi juga memaksimalkan potensi yang ada pada tiap karyawan magang tersebut. Dari video, saya mengetahui bahwa ada intern yang berasal dari latar belakang berbeda (bukan dari perusahaan atau organisasi sejenis Google). Akan tetapi hal ini tidak menjadi penghalang bagi intern untuk mengeksplor kemampuannya. Hal ini dikarenakan supervisor-supervisor di Google tidak hanya mengenalkan visi misi organisasi pada intern, tapi mereka berusaha memacu kemampuan para karyawan magang tersebut. Sehingga saya bisa menyimpulkan bahwa Google lebih menekankan pada tipe orientasi berupa sosialisasi, dibandingkan hanya menggunakan tipe induksi. Saya juga melihat bahwa di Google, para intern tersebut merasa nyaman dengan atmosfer organisasi tersebut, dan hal tersebut juga ditunjang dengan fasilitas yang disediakan untuk mereka. Oleh karena itu, pelajaran yang saya ambil dari video tersebut adalah HRD tidak hanya berkutat tentang bagaimana kita bisa menempatkan orang yang benar di tempat yang benar, tetapi juga berkaitan dengan upaya HRD meningkatkan kapabilitas para intern sesuai dengan latar belakang dan preferensi masing-masing intern tersebut.

  27. Zada Nurmamita Denty

    Nama : Zada Nurmamita Denty
    NIM : 101711133152

    Video tersebut memperlihatkan sebuah perusahaan google yang memiliki beberapa karyawan yang terbaik. Ternyata beberapa karyawan tersebut berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Ada yang dulunya sebelum bekerja di perusahaan google bekerja menjai MBA Intern, Engineering, dll. Saya mencuplik dari video tersebut bahwa seorang yang dulunya bekerja menjadi MBI bisa bekerja di perusahaan google. Ia bilang bahwa saat di MBI ditempatkan di sistem intelegent. Dari situ, ia sangat suka teknologi. Akhirnya, ia mencoba untuk pindah di perusahaan Google. Sebuah perusahaan yang penuh dengan teknologi. Di perusahaan google, ia ditempatkan di operation system. Namun, kemampuannya dalam memimpin juga sangat berguna. Di Google, dia mampu memimpin masa di lapangan. Dari sini dapat diketahui dan disimpulkan bahwa perusahaan google merekrut karyawan dengan menerapkan job Placement dan orientation. Pada saat masa orientasi, karyawan baru ditugaskan untuk mengerjakan beberapa tugas yang sudah terdeadline. Berarti, perusahaan google menggunakan orientasi tipe Deduksi. Namun, perusahaan google ternyata juga menggunakan orientasi tipe sosialisasi, karena mereka dapat mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keahlian-keahliannya.

  28. Ajeng Hikmatun Nazillah

    Nama : Ajeng Hikmatun Nazillah
    NIM : 101711133150

    Orientasi dalam sebuah organisasi sangat diperlukan untuk memberi pengetahuan kepada karyawan baru tentang kondisi organisasi/perusahaan, misalnya ruangan yang digunakan, bahan produksi, hasil produksi, aturan, dan lain-lain. Pada video tersebut terlihat bahwa orientasi yang dilakukan pihak Google bisa dikatakan berhasil, dibuktikan dengan proses bekerja karyawan baru ataupun karyawan lama sama-sama baik, begitu juga hasil produksinya. Tipe orientasi yang dilakukan yaitu orientasi induksi dan sosialisasi. Pada tahap awal orientasi, semua karyawan baru diberikan materi tahap awal mengenai kebijakan, aturan, dan prosedur (orientasi induksi). Lalu, orientasi sosialisai yaitu proses bekerja dengan tim seperti outbond. Dari proses orientasi tersebut memberikan hal positif yaitu karyawan bisa lebih mengenal bagaimana perusahaan tersebut berjalan dan semua karyawan saling kenal sehingga bisa bekerja sama dengan baik, tidak memandang mereka karyawan baru atau lama. Terciptanya suasana yang menyenangkan dan ramah di lingkungan kerja ini sangat membantu keberhasilan tujuan dari organisasi/perusahaan itu sendiri. Metode yang digunakan oleh Google yaitu metode ketepatan penempatan karyawan sesuai dengan kompetensi masing-masing individu. Kompetensi individu merupakan salah satu faktor penentu dalam proses Job Placement.

  29. Hestya galifatma SA

    Nama : Hestya Galifatma Sheffi Adina
    Kelas / NIM : IKM B 2017 / 101711133129
    Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penting dalam suatu organisasi. Perlu adanya sumber daya manusia yang baik untuk mendukung tercapainya tujuan dari organisasi. Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan suatu Ilmu dan Seni untuk mengatur maupun mengarahkan Sumber Daya Manusia agar mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Efektif berarti dapat mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan; sedangkan efisien berati tugas yang ada dilakukan dengan benar sesuai tarfet waktu yang ditentukan. Dalam vidio tersebut bercerita tentang lima orang yang terpilih dan memilih berkomitmen untuk bekerja di kantor Google Montain View, California, America dengan latar belakang mereka yang berbeda – beda. Dari latar belakang tersebut kemudian mereka di Orientasi dalam video ini Prinsip yang terkandung dalam vidio tersebut adalah Induksi dan Sosialisasi. Pihak senior Google untuk melakukan serangkaian penugasan dengan deadline yang sudah ditentukan untuk mengenalkan lingkungan barunya dan melatih softskill pribadinya masing – masing. Mereka menyadari bahwa ini kali pertama pengalaman mengesankan dimulai. Kemudian tiba saatnya mereka memasuki Job Placement setalah melakukan serangkaian Orientasi mereka dipilah bedasarkan tupoksi yang mereka miliki. Seperti salah satu contohnya, seorang laki – laki yang dulu berkarir sebagai army. Selama dia mengemban amanah sebagai abdi negaranya tersebut, dia mempunyai minat pada ilmu Intelegent. Akhirnya dia dipercaya oleh pihak Google sebagai consumer operation. Intinya Orientasi dan Job placement saling berkaitan serta mempunyai effort yang secara langsung karena kalau dari awal dia tidak mampu untuk melakukan suatu pekerjaan tersebut ketika dipaksakan dikemudian hari yang terjadi akan tidak sesuai hasil.

  30. Alifiah Puji Larasati

    Nama : Alifiah Puji Larasati
    NIM : 101711133112

    Dalam video di atas dapat diketahui bahwa intern-intern di Google tidak dibedakan oleh karyawan tetap Google. Pada saat orientasinya saja, para intern tidak dibedakan dan dibimbing dengan baik dan oleh para karyawan Google. Tidak hanya dijelaskan lewat kata-kata, namun juga perbuatan seperti etika dan rasa kekeluargaan dalam lingkungan kerja. Hal ini tentunya dapat meningkatkan ketertarikan peserta magang untuk memiliki keinginan bekerja di Google. Orientasi dilakukan dengan sangat menarik, seperti seminar dan diajak berkeliling dan dijelaskan dengan jelas dan sangat mendetail ke beberapa tempat yang ada di Google. Sehingga ada transparansi informasi dan informasi yang didapatkan dalam hal apa saja yang harus dilakukan dapat ditangkap dengan baik. Untuk job replacement, Google juga memperhatikan skill yang mereka miliki dan dari latar belakang pendidikan apa yang tentunya dibutuhkan serta dapat meningkatkan keuntungan oleh Google. Sehingga yang dilakukan oleh Google ini sangat efektif karena intern dapat bekerja secara maksimal di bidang yang pernah mereka tekuni dahulu.

  31. Smelta Gresa

    Smelta Gresa Ratutama
    101711133098

    Kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada saat proses internship di Google menurut saya sangat menarik dan beragam, diantaranya seminar, jalan-jalan untuk lebih mengenal lingkungan, mengenal fasilitas-fasilitas apa saja yang tersedia di Google, sampai memahami kebijakan-kebijakan apa saja yang ada di sana. Para intern juga tidak dianggap berbeda dengan karyawan tetap, sehingga mereka lebih merasa nyaman dan lebih mudah beradaptasi dengan suasana baru di Google. Selain itu para intern juga akan lebih mudah mengenal satu sama lain meskipun mereka berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Para intern juga akan lebih mudah untuk belajar dan memahami apa yang nantinya menjadi tugas dan tanggung jawab mereka sesuai dengan keahlian mereka masing-masing. Hal tersebut dikarenakan adanya keterlibatan langsung antara intern dengan karyawan yang bertugas untuk melatih selama proses internship. Metode yang digunakan di Google adalah sosialisasi dimana para intern diajak untuk mengenal dan mempelajari norma-norma yang sudah ada sehingga mereka mengetahui bagaimana perilaku-perilaku yang tepat selama mereka bekerja di Google.

  32. Dyah Suga

    Nama: Dyah Suga S. J. W.
    NIM: 101711133095

    Menurut video diatas, Google melakukan orientasi dengan cara melakukan seminar, kegiatan luar ruangan yang menarik dan tidak membuat internship bosan, juga melakukan pengarahan langsung pada internship. Hal tersebut sangat baik dikarenakan dapat mengembangkan motivasi bekerja para internship lebih baik dari sebelumnya, juga meningkatkan semangat bekerja. Tidak hanya itu, pengarahan yang dilakukan pegawai senior juga memberikan kepercayaan diri dan rasa nyaman pada internship karena mereka diperhatikan dan dibantu saat mereka tidak mengetahui hal apa yang harus dilakukan. Oleh karena itu orientasi berjalan dengan baik karena para internship merasa nyaman dan dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Job placement yang Google lakukan yaitu menurut faktor prestasi akademik, karena dapat dilihat dalam video tersebut bahwa para internship berasal dari latar belakang pendidikan yang baik, dan Google juga dapat menempatkan mereka di masing-masing tempat yang sesuai dengan minat, bakat, dan keahlian mereka masing-masing

  33. Evi Lioni

    “There is always something new and the next activity, the next person that we meet, is more exciting than the last.”
    Orientasi dengan metode internship yang dilakukan Google Inc sangat berhasil dalam memberikan kesan pertama yang exciting, nyaman, memberi ruang bagi interns untuk membangun relasi dengan rekan kerja dengan playful, yang mana ketiga hal ini merupakan tujuan yang harus dicapai dari orientasi. Saya melihat kepercayaan diri, sense of belonging, dan motivasi untuk melakukan dan menyelesaikan pekerjaan dari interns terbentuk dengan sangat baik, mereka berhasil dibuat merasa menjadi bagian dari tim walau dengan latar belakang dan pengalaman yang berbeda-beda. Terbukti dengan testimoni Matt, seseorang dengan latar belakang militer yang menyatakan bahwa “I do feel a little different after being here for my first week. I guess I’ve always identified myself very much with the military but I’m starting to see myself as a Googler.” Saya juga melihat penempatan mereka dalam pekerjaan masing-masing didasari bukan hanya berdasarkan pendidikan yang mereka tekuni namun hal yang sangat mereka minati bahkan sejak mereka kecil. Orientasi yang bersifat partisipatif, disajikan dengan suasana yang menyenangkan dan hangat seperti ini tentu saja berdampak besar pada produktivitas dan loyalitas karyawan ke depannya.

  34. N. Erika Sofiah Junaidi

    Nama : N. Erika Sofiah Junaidi
    NIM : 101711133145

    Kantor google menciptakan suasana kerja yang memberikan kebebasan yang memang disengaja untuk menciptakan iklim kerja yang kreatif dan selalu terbuka pada ide dan hal-hal baru. Iklim kerja yang mendukung kreatifitas inilah yang diperkenalkan pada tahap Job Orientation di Google. Tipe job orientation yang digunakan adalah tipe sosialisasi, dimana para intern dikenalkan pada budaya organisasi yang menuntut para anggotanya untuk selalu kreatif, tidak takut pada kegagalan, dan terus mengembangkan diri. Para intern juga diberikan tanggung jawab yang akan mampu meningkatkan keahlian dan pengetahuan mereka yang seiring dengan suasana kerja yang akademik. Sedangkan, Job Placement yang dilakukan oleh google tidak hanya berdasar pada kesesuaian latar belakang pendidikan mereka, tetapi minat serta bakat dari interns-lah yang menjadi fokus utama dalam penempatan bidang pekerjaan mereka.

  35. Evi Lioni

    Nama : Evi Lioni
    NIM : 101711133093
    “There is always something new and the next activity, the next person that we meet, is more exciting than the last.”
    Orientasi dengan metode internship yang dilakukan Google Inc sangat berhasil dalam memberikan kesan pertama yang exciting, nyaman, memberi ruang bagi interns untuk membangun relasi dengan rekan kerja, yang mana ketiga hal ini merupakan tujuan yang harus dicapai dari orientasi. Saya melihat kepercayaan diri, sense of belonging, dan motivasi untuk melakukan dan menyelesaikan pekerjaan dari interns terbentuk dengan sangat baik, mereka berhasil dibuat merasa menjadi bagian dari tim walau dengan latar belakang dan pengalaman yang berbeda-beda, terbukti dengan testimoni Matt yang menyatakan bahwa “I do feel a little different after being here for my first week. I guess I’ve always identified myself very much with the military but I’m starting to see myself as a Googler.” Saya juga melihat penempatan mereka dalam pekerjaan masing-masing didasari bukan hanya berdasarkan pendidikan yang mereka tekuni namun hal yang sangat mereka minati bahkan sejak mereka kecil. Orientasi yang bersifat partisipatif, disajikan dengan suasana yang menyenangkan dan hangat seperti ini tentu saja berdampak besar pada produktivitas dan loyalitas karyawan ke depannya.

  36. Tina mei

    TINA MEI WIJAYANTI
    101711133104
    Video diatas memperlihatkan Proses Orientasi yang dilaksanakan google terkesan sangat menyenangkan dan tanpa tekanan. Dalam pelaksanaan orientasi, google menciptakan suasana yang sangat hangat dan santai. Sehingga, para interns merasa sangat diterima kehadirannya dan merasa nyaman dengan lingkungan barunya. Para senior disana juga sangat ramah dalam memberikan arahan mengenai pekerjaan,tempat kerja, peraturan dll. Dalam memberikan bimbingan pekerjaan disampaikan dengan baik, santai dan tanpa kesan menggurui. sehingga para interns tidak tertekan dan dapat menyerap ilmunya dengan baik. Para senior juga sangat memberikan fasilitas kepada para interns untuk menanyakan hal yang tidak diketahuinya. Dalam team work mereka tidak membedakan antara karyawan magang dan karyawan tetap. Semua diberi fasilitas yang sama dalam melaksanakan pekerjaannya. penempatan karyawan di google disesuaikan dengan minat dan keahlian yg dimiliki sehingga mereka bisa bekerja secara maksimal dan lebih produktif.

  37. Nama: Anisa Nur Kholifah
    NIM: 101711133084

    Berdasarkan video tersebut, terlihat bahwa dalam mencapai tujuannya, google memberikan kesempatan kepada google intern yg belum memiliki pengalaman kerja untuk mengembangkan bakat mereka serta mengenal lebih jauh dunia kerja. hal ini didukung pula dengan fasilitas yg disediakan, penciptaan lingkungan kerja yang baik, motivasi, serta keterbukaan untuk menggali informasi tentang google itu sendiri. selain itu, arahan atau sosialisasi yg diberikan juga sangat membantu untuk meningkatkan rasa tanggung jawab dan ketercapaian target mereka. dengan demikian, proses orientasi tersebut dapat mendatangkan manfaat seperti memininalisir kecemasan google intern, meningkatkan komitmen serta menguatkan pandangan positif terhadap pekerjaannya

  38. Viga Sakinah R

    NAMA : Viga Sakinah R
    NIM : 101711133132

    Para pekerja yang sudah diterima di Google akan dilakukan masa orientasi kepada mereka selama satu minggu. Di dalam orientasi di Google menggunakan dua jenis tipe orientasi yaitu sosialisasi, saat ada satu orang menjelaskan apa saja yang ada di Google dan induksi, proses pengenalan yang lebih personal antar individual seperti yang ada di video tersebut. Dan google pun membuat kantornya senyaman mungkin bagi karyawan seperti playground. Saya melihat bahwa senior sangat ramah dan sangat membuat karyawan baru tersebut merasa nyaman pada tahap orientasi agar senior itu dapat membantu para interns untuk menumbuhkan rasa memiliki perusahaan bagi mereka. Senior membuat agar karyawan baru tidak takut untuk bertanya apa saja yang ingin ditanyakan kepada senior. Pada tahap job placement interns ditetapkan sesuai minat bakat atau prestasi di akademik mereka. Jika orientasi baik maka akan membuat job placement berjalan sesuai dengan orang yang tepat di tempat yang tepat. Dan tidak ada membedakan-bedakan latar belakang mereka. Para interns merasa sangat nyaman dan merasa para senior sangat membuat mereka mudah memahami dan mengenali kantor Google tersebut yang akan membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien karena mereka sudah merencanakan dan aktualisasinya yang sangat baik untuk orientasi dan job placement di perusahaan mereka.

  39. Farah Zahira

    Farah Zahira
    101711133137

    Salah satu tujuan dan manfaat dari orientasi adalah agar pegawai baru merasa diterima dan pegawai baru tidak merasa cemas. Dari video Google interns’ first week di atas, dapat terlihat bahwa Google telah mencapai tujuan dan manfaat dari orientasi tersebut. Tercapainya tujuan dan manfaat orientasi tentu saja salah satunya adalah karena mereka memperlakukan interns dengan baik. Tidak hanya itu, interns juga tidak dibedakan dengan pegawai tetap dan dianggap sebagai bagian dari tim. Pegawai tetap juga memberikan arahan pada interns dengan baik dan menekankan pada mereka untuk tidak malu bertanya. Hal ini membuat mereka merasa nyaman dengan lingkungan barunya, mampu mempelajari tugasnya dengan lebih baik, dan berkeinginan untuk terus belajar dan berkembang bersama Google. Untuk job placement sendiri, menurut saya, salah satu prinsip dalam job placement yang paling menonjol dalam video tersebut adalah principles of qualification (penempatan sesuai dengan kualifikasinya). Hal ini terlihat dengan betapa motivated dan passionate-nya mereka dalam menyelesaikan pekerjaannya karena pekerjaan yang mereka lakukan memang sesuai dengan kompetensi mereka.

  40. Qonita Basyariyah

    NAMA: Qonita Basyariyah
    NIM: 101711133143-IKM B 2017
    Perusahaan Google saat melakukan orientasi lebih kepada tipe sosialisasi diman hal ini seorang HRM lebih menjelaskan tentang lingkungan di Google dan metode yang digunakan oleh perusahaan Google lebih kepada penjelasab secara langsung yang disertai dengan praktik. Karyawan baru akan di orientasi yang lebih focus pada pengenalan lingkungan kerjanya, cara kerja suatu alat, system di lingkungan kerjanya dan sebagainya. Seorang HRM ini memberikan orientasi secara terbuka sehingga karyawan baru/intern tidak terlalu merasa tertekan. Selain itu juga, karyawan baru diberikan tanggung jawab yang sama meskipun mereka intern, dimana hal tersebut bisa membiasakan karyawan baru terhadap iklim di Google. Untuk job placement nya, mereka akan menempatkan karyawan pada hal yang diminati karyawan baru serta bakat potensial yang dimiliki. Perusahaan Google pun melakukan pengembangan minat serta bakat sehingga menghasilkan kemampuan khusus yang berdampak pada kehidupan mereka dan tentu saja akan mempengaruhi kualitas kerja mereka.

  41. Meita Nazla Adila

    Meita Nazla Adila
    101711133156

    Berdasarkan video diatas, saya melihat bahwa Google memperlakukan para internnya dengan baik. Mereka seolah-olah menganggap intern sebagai full-time worker dimana para intern diberikan berbagai tugas dan tanggung jawab yang cukup besar bagi ukuran seorang intern pada umumnya. Google melakukan orientasi ini melalui metode sosialisasi dimana Google secara mendetail menjelaskan kembali tentang apa itu Google sebenarnya, meski kita tahu bahwa Google pasti telah dikenal di seluruh dunia. Google juga menekankan pada diri setiap intern untuk percaya diri dan tidak takut gagal. Hal menarik lainnya dalam kegiatan internship ini adalah Google menempatkan para internnya ke dalam bidang-bidang pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan skill yang dimiliki para intern. Hal ini tentu sesuai dengan prinsip job placement yang menyatakan bahwa karyawan yang harus menyesuaikan dengan kualifikasi pekerjaan yang dibutuhkan. Di akhir video, salah satu intern mengatakan bahwa jika ia bisa memilih maka ia akan menjadi seorang intern seumur hidupnya. Adanya pernyataan ini menunjukkan bahwa internship yang dilakukan Google telah berhasil mencapai tujuan yang diharapkan dalam proses orientasi yakni adanya perasaan nyaman serta semua intern dapat mengenal Google secara lebih mendalam. Hal ini juga didukung dengan lingkungan kerja Google yang nyaman dan santai dengan dilengkapi berbagai fasilitas yang memadai.

  42. Farah Shafy Sahara

    Nama : Farah Shafy Sahara
    NIM : 101711133100
    Kelas : IKM B 2017

    Dari apa yang saya lihat di video, metode job placement yang dilakukan oleh google sudah sangat baik. Dimana para karyawan baru sudah ditempatkan di posisi sesuai dengam minat, softskill serta latar belakang yang mereka miliki. Pada dasarnya, google merlukan orang-orang yanh inovatif, kreatif dan imaginatif yang tinggi karena perusahaan tersebut dituntut untuk terus melakukan banyak perubahan. Dan untuk internship nya sendiri dilakukan selama 1 minggu dengan metode sosialisasi dan induksi. Dalam kurun waktu tersebut, para karyawan baru telah dianggap sebagai karyawan tetap, mereka tidak hanya dikenalkan dengan perusahaannya tetapi mereka juga melakukan pelatihan serta observe di luar lapangan. Mereka juga diberikan motivasi serta pengarahan agar mereka semakin berkembang. Secara keseluruhan, perusahaan google telah memberikan internship yang menyenangkan serta kenyamanan pada sumber daya, sehingga dapat berpengaruh baik kepada produktivitas kerja perusahaan tersebut.

  43. fania ananta romadhoni

    nama: fania ananta romadhoni
    nim:101711133157

    dalam video diatas, menurut saya google telah melaksanakan prinsip orientasi yang telah didefinisikan sebelumnya, yakni orientasi merupakan pengenalan kepada pegawai baru berupa informasi dari organisasi, fasilitas, cara kerja, dan sebagainya yang nantinya dapat menumbuhkan semangat kerja dan rasa nyaman kepada para pegawai. google sendiri memiliki caranya sendiri dalam hal orientasi, yakni dengan pemberian fasilitas yang lengkap untuk mendukung pegawai dalam melaksanakan tigasnya.
    untuk job placement, google juga telah melaksanakannya. terbukti dengan adanya pegawai yang bekerja sesuai dengan kemampuan dan minat dari mereka sendiri

  44. Afifah Siti Aisyah

    Nama : Afifah Siti Aisyah
    NIM : 101611133005

    Setelah saya melihat video Google’s intern first week, saya bisa memahami betul bagaimana proses student intership yang dilakukan oleh Google. Saat proses student intership ini, semua saling timbal-balik atau saling bekerja sama antara pegawai Google tetap maupun student intership. Mereka semua bekerja keras untuk membuat atmosfer bekerja di google terasa nyaman, mengurangi kecemasan atas ekspetasi akal pikiran mereka sendiri, merasa diterima oleh Google dan sebaginya. Para pegawai di Google selalu mengasih motivasi kepada student intership, seperti “Don’t be afraid to ask, don’t be afraid to suceed” meskipun hanya sebuah kalimat sederhana, tetapi sangat membantu dalam prosess bekerja student intership. Dari hari pertama menjadi Google student internship, mereka sudah di perlakukan sebagai pegawai atau karyawan tetap dari Google.
    Dimana awalnya student intership ini selalu berpikir bahwa pekerjaan hanyalah sebatas pekerjaan, setelah bergabung dengan Google. Semuanya terasa berbeda, mereka sangat senang untuk memulai bekerja pada hari pertama, sehingga susah untuk tidur pada malam hari nya. Penempatan pekerjaan di google sendiri juga tidak ada masalah, karyawan atau pegawai ditempatkan sesuai apa yang sudah mereka pelajari di universitas dan passion mereka sendiri.
    Because you don’t have to know everything, but you have to be willing to learn.

  45. Tunjung Senja Widuri

    Tunjung Senja Widuri / 101711133099
    Berdasarkan hasil ulasan video yang sudah ditampilkan, dapat diamati cara Google melakukan orientation dan job placement kepada pekerja baru. Dari segi orientasi dapat dirasakan bahwa lingkungan kerja Google menghadirkan warna tersendiri bagi para karyawan baru. Dalam hasil interview yang sudah dirangkum pihak Google dengan beberapa karyawan baru, mereka menyebutkan bahwa Google memberi atmosfer kerja yang menyenangkan namun tetap bersentuhan dengan lingkup akademik. Cara kerja yang santai tapi serius itu semakin mempermudah pekerja intern beradaptasi dengan Google. Sistem kerja dibuat tidak mengikat, hal tersebut bertujuan meminimalisir tingkat stress pada pekerja. Ditambah para karyawan Google senantiasa diberi ruang berkespresi dalam menuangkan ide dan kreativitas demi kemajuan Google sendiri.
    Dari segi job placement dapat diamati dari Matt Melone, pekerja intern yang saat ini menempati posisi Google in Consumer Operations. Sebelumnya, Matt pernah bekerja sebagai tentara selama lima tahun, kemudian beralih menjadi intelligent. Matt juga mengaku sering bersinggungan dengan kecanggihan teknologi. Latar belakang Matt itulah yang menunjang Google untuk menerima ia bekerja sebagai Google in Consumer Operations. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Google telah mengambil keputusan tepat dalam melakukan rekrutmen. Google tidak membatasi asal pendidikan yang ditempuh calon karyawan, namun Google hanya menekankan kemampuan yang dimiliki oleh calon karyawan.

  46. Afifah Siti Aisyah

    Nama : Afifah Siti Aisyah
    NIM : 101611133005

    Setelah saya melihat video Google’s intern first week, saya bisa memahami betul bagaimana proses student intership yang dilakukan oleh Google. Saat proses student intership ini, semua saling timbal-balik atau saling bekerja sama antara pegawai Google tetap maupun student intership. Mereka semua bekerja keras untuk membuat atmosfer bekerja di google terasa nyaman, mengurangi kecemasan atas ekspetasi akal pikiran mereka sendiri, merasa diterima oleh Google dan sebaginya. Para pegawai di Google selalu mengasih motivasi kepada student intership, seperti “Don’t be afraid to ask, don’t be afraid to suceed” meskipun hanya sebuah kalimat sederhana, tetapi sangat membantu dalam prosess bekerja student intership. Dari hari pertama menjadi Google student internship, mereka sudah di perlakukan sebagai pegawai atau karyawan tetap dari Google.
    Dimana awalnya student intership ini selalu berpikir bahwa pekerjaan hanyalah sebatas pekerjaan, tetapi setelah bergabung dengan Google. Semuanya terasa berbeda, mereka sangat senang untuk memulai bekerja pada hari pertama, sehingga susah untuk tidur pada malam hari nya. Penempatan pekerjaan di google sendiri juga tidak ada masalah, karyawan atau pegawai ditempatkan sesuai pada apa yang sudah mereka pelajari di universitas dan passion mereka sendiri.
    Because you don’t have to know everything, but you have to be willing to learn.

  47. Nawang Sari Nastiti

    Nama : Nawang Sari Nastiti
    NIM : 101711133146

    Berdasarkan video yang telah disajikan. Menurut saya, proses orientasi yang dilaksanakan oleh Google kepada intership berjalan sangat baik dan sudah sesuai dengan tujuan dan manfaat orientasi. Pada video tersebut menggunakan tipe orientasi sosialisasi dimana para karyawan senior memberikan informasi mengenai seluk beluk Google dan memperlakukan para ntership dengan baik dan tidak membeda-bedakan satu dengan yang lainnya, sehingga intership lebih mengenal Google dan merasakan kenyamanan bekerja di dalam lingkungan Google dan menghasilkan output yang baik. Job placement yang ada di Google dilakukan dengan tepat yakni intership ditempatkan pada tempat yang sesuai dengan kompetensinya masing masing, sehingga intership lebih produktif dapat menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik tanpa merasa tertekan dan pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

  48. Nia tri wulandari

    NAMA : NIA TRI WULANDARI
    NIM : 101711133155

    Dalam perusahaan google menurut saya pengamatan youtube tersebut, bahwa karyawan di tempatkan pada bidang sesuai dengan kemampuan mereka atau bidang yang mereka tekuni(job placement) atau sesuai bidang yang dilamarnya , sebelum adanya job placement bahwa orientasi yang ditunjukkan pada karyawan lama (pembimbing) bahwa karyawan di berikan gambaran tentang perusahaan google sesuai dengan topik tipe orientasi yaitu induksi, tempat atau meja kerja dia harus melakukan apa dalam pekerjaannya nanti. Dan setiap karyawan saat di orientasi mereka diberikan sebuah motivasi-motivasi agar mereka semangat atau antusias dalam pekerjaan barunya. Dan adanya tipe sosialisasi untuk memudahkan karyawan sharing dengan teman-temannya.
    Dalam orientasi tersebut karyawan di berikan pandangan atau prosedur perusahaan google bagaimana cara melakukan sesuatu pada konsumen. Dari situ karyawan mendapat outcome mempunyai gambaran bahwa mereka harus melakukan apa pada konsumen.
    Pada masa orientasi tersebut perusahaan google membuat adanya target untuk pertimbangan karyawan diangkat untuk menjadi karyawan tetap, apabila target terpenuhi dan adanya inovasi-inovasi baru dan melalui berbagai pertimbangan. Dengan kecocokan atau sesuai bidangnya job placement mereka merasa cocok di perusahaan google.

  49. Lydia Elsa

    Nama: Lydia Elsa Sinta
    NIM: 101711133123

    Orientasi dan job placement pada masa internship di google membuat para anak magang merasa sangat nyaman dan fit/cocok di institusi tersebut. Hal tersebut mencakup dari faktor lingkungan/tempat kerja/atmosfer kerja yang tidak biasa dibanding dengan institusi setara lainnya (“it’s like a big playground”), tapi suasananya juga sangat akademis. Bagaimana seorang karyawan memperlakukan interns tidak dengan sebelah mata bahkan diperlakukan seperti karyawan pada umumnya (“don’t presume that just because you’re an intern as such that you’re not a member of the team””), juga seperti mengantarnya secara personal ke meja kerja, menjelaskan job desc dan job spec, serta membimbing secara terus menerus dengan cara yang tidak formal (ngobrol santai di taman). Cara orientasi pada institusi ini sangat baik karena dapat membuat mereka mengerti dan paham bagaimana institusi ini berpikir. Penempatan kerja tidak hanya berfokus pada latar belakang pendidikan namun juga dilihat dari bakat dan minat para interns.

  50. Silvia Okta Anggraini

    Nama: Silvia Okta Anggraini
    NIM. : 101711133092

    Berdasarkan video yang telah disediakan, orientasi yang dilakukan Google untuk intern mereka dilakukan selama satu minggu. Selama orientasi tersebut para intern dikenalkan terhadap wilayah perusahaan, suasana di perusahaan, orang – orang yang terlibat dengan pekerjaan mereka, pengenalan antar intern, dll. Orientasi yang dilakukan memakai banyak tipe yaitu yang pertama induksi bahwa intern diberi informasi mengenai pekerjaan mereka, sosialisasi yaitu intern dikenalkan terhadap norma-norma yang berlaku di google bahwa intern tidak perlu merasa takut ataupun berkecil hati karena tidak perlakukan berbeda antara intern dengan pegawai tetap, komunikasi yaitu bahwa dalam masa orientasi intern dibebaskan bertanya mengenai hal-hal yang tidak mereka pahami, kontinuitas yaitu bahwa proses orientasi di google dilakukan secara berkelanjutan karena para pekerja tidak hanya bekerja dengan orang – orang di departemennya saja tetapi dengan semua orang yang terdapat di google. Metode yang digunakan dalam orientasi juga beragam mulai dari pendampingan satu intern oleh satu supervisi, diskusi dengan berbagai pihak tanpa membedakan latar belakang, kegiatan di luar ruangan, dll. Dengan proses orientasi yang menyenangkan dan berkelanjutan membuat intern merasa senang dan betah untuk melanjutkan bekerja di sana. Sedangkan untuk job placement sendiri, Google menempatkan para pegawainya berdasarkan keahlian dan ketertarikan yang mereka miliki. Latar belakang pendidikan bukan menjadi penilaian utama dalam penempatan pekerja di google. Menurut saya hal tersebut sangat tepat, dengan begitu pegawai dapat melaksanakan pekerjaannya dengan maksimal dan tetap menikmati pekerjaannya.

  51. annisa aurelia

    Annisa Aurelia Putri D.J
    10171113101

    Berdasarkan video diatas, gambaran orientasi terlihat pada saat di sebuah ruangan dimana terdapat seseorang yang melakukan presentasi yang menunjukkan kepada para internship beberapa hal yang perlu diketahui dan peraturan-peraturan, dan terlihat para internship menjalin pertemanan baru. Setelah itu, orientasi dilanjutkan dengan keliling kantor dan diberikan arahan mengenai pekerjaan mereka. Dan juga dukungan serta arahan dari senior dapat mendukung keberhasilan orientasi seperti yang dilakukan pada video diatas. Orientasi dilakukan agar terbiasa dengan budaya dan lingkungan yang ada di google. Selain itu, fasilitas yang ada di google membuat para internship senang dan nyaman. Untuk job placement, para internship ditempatkan sesuai dengan kemampuan dan potensi yang ada karena google tidak hanya melihat dari pendidikan saja tetapi juga orang-orang yang kreatif dan inovatif. Bahkan dalam video tersebut personel militer pun dapat melakukan internship di google. Metode yang digunakan dalam melakukan orientasi dan job placement adalah induksi dan sosialisasi. Induksi yang berarti internship mempelajari apa yang akan dilakukan, apa peraturan kebijakan dan prosedur yang penting dan seterusnya. Sosialisasi mempelajari norma-norma, sistem nilai dan pola perilaku yang diisyaratkan google.

  52. Kholifatul Mardiah /101711133097

    Orientasi pada perusahaan Google tidak hanya dilakukan didalam lokakarya atau diskusi lainnya yg melibatkan banyak massa tetapi huge dilakukan secara interpersonal terkait dengan job specification dan lain-lain, menurut saya orientasi dengan metode tsb calon karyawan atau intern dapat terfokus pemahamannya. Lalu pada Job placement di Google penempatannya lebih mengarah minat dan bakat serta kapasitas calon karyawan atau intern.

  53. Nama : Nala Astari
    NIM : 101711133128

    Program Internship yang ada di Google dapat diikuti oleh mahasiswa, freshgraduated maupun dari background officier in army . Dari video tersebut diketahui bahwa orientasi para magang dilakukan dengan berbagai kegiatan yang fun seperti dibentuknya kelompok kecil antar para pegawai agar saling bersosialisasi, seminar dan toor ke berbagai tempat di Google. Karyawan tetap bertugas untuk memberikan informasi serta motivasi kepada seluruh karyawan magang dengan penuh keramahan sehingga membuat proses orientasi ini berjalan dengan maksimal dan membuat peserta magang merasa diterima dan nyaman. Metode yang digunakan oleh Google dalam menghadapi proses orientasi ini berupa induksi dan sosialisasi, tipe induksi yaitu penjelasan mengenai perusahaan Google, tanggung jawab peserta magang , sedangkan tipe sosialisasi berupa penerapan nilai dan norma perusahaan terhadap karyawan magang tersebut sehingga dari sanalah diperoleh keahlian dan kemampuan kerja. Terdapat satu yang menjadi sorotan saya mengenai program internship di Google ini yaitu para peserta mendapatkan bantuan berupa help online center untuk lebih mengerti mengenai produk-produk Google. Dalam proses orientasi ini juga diterapkan peserta magang untuk mampu Brainstorming (menggali ide) dalam menjalankan pekerjaannya.Selain itu mereka tidak dibedakan antara pegawai internship dan pegawai tetap. Job Placement yang dilakukan telah berdasarkan 6 prinsip yang telah dibahas.Beberapa diantaranya adalah Principles of Job First, Man Next (penempatan pekerjaan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan) ; Principles of Qualification (Pekerjaan yang ditempatkan sesuai dengan kualifikasinya); Principles of Working Conditions (Karyawan dibuat paham dengan kondisi kerja yang berlaku diperusahaan Google tersebut). Hal ini menjadikan para karyawan internship menjadi focus and fun dengan pekerjaan yang diberikan karena sesuai dengan keinginan serta kebutuhan perusahaan, sehingga menjadi lebih produktiv.

  54. Galuh Mega Kurnia

    Galuh Mega Kurnia
    101711133103
    IKM B 2017

    Video tersebut menggambarkan bahwa google mempertimbangkan kemampuan, latar belakang (pekerjaan, pendidikan, dsb), minat, dan bakat seseorang sebagai pertimbangan dalam melakukan job placement. Dengan begitu, karyawan yang ditempatkan pada posisi dengan pekerjaan yang digemari akan semakin betah untuk bekerja. Karena, ketika minat dan bakat dijadikan sebagai pekerjaan maka seseorang akan merasa dirinya tidak bekerja melainkan melakukan hal yang disuka. (Kompetensi dari karyawan tersebut merupakan salah satu penentu keberhasilan job placement.) Sementara saat orientasi Google menggunakan metode induksi dan sosialisasi. Saat orientasi, karyawan baru diperlakukan dengan baik, ramah dan tidak dibedakan dengan karyawan lama. Peserta orientasi juga dikenalkan dengan lingkungan kerja mereka dengan baik. Senior yang ramah juga ikut mendukung dalam membuat karyawan baru merasa nyaman pada hari pertama mereka bergabung di Google. Untuk selanjutnya, karyawan tersebut kemudian mulai dapat beradaptasi dengan ritme dan budaya kerja yang ada di Google. Dengan pengenalan seperti itu, maka karyawan baru tersebut tidak merasa terbebani pada hari pertama mereka bergabung. Rasa nyaman dan senang akan semakin memotivasi mereka untuk melakukan pekerjaannya dengan baik. Selain itu, hasil dari orientasi tersebut adalah karyawan baru semakin terasah jiwa kepemimpinannya, kemampuan kognitif, kemampuan observasi, etos kerjanya juga akan semakin tinggi. Sehingga menghasilkan kualitas tenaga kerja yang baik dengan pemikiran yang saling membangun.

  55. Mahdiyyah Husna Nihar

    Nama : Mahdiyyah Husna Nihar
    NIM : 101711133158

    Job Placement dilakukan sesuai dengan kemampuan hasil seleksi, latar belakang pendidikan, dan minat intern. Oleh karena itu para intern menggambarkan bahwa suasana disana sangatlah nyaman dan mendukung karena disesuaikan dengan kebutuhan kerja mereka. Di saat mereka memulai internship, para supervisor akan memberikan arahan seperti menunjukkan kepada mereka dimana letak kantor mereka dan dimana meja kerja mereka. Pada hari pertama internship, para intern merasa diperlakukan seperti layaknya karyawan tetap oleh supervisor mereka. Para supervisor pun berusaha meyakinkan intern agar merasa menjadi bagian dalam tim dan tidak merasa berbeda daripada yang lain. Para intern dilibatkan dalam aktivitas yang ada di Google, sehingga bisa memahami bagaimana iklim kerja di Google. Bahkan dengan begitu, intern bisa semakin bersemangat dan terpacu untuk menghadapi tantangan yang akan dihadapi kedepannya. Seperti yang dicontohkan Google, seorang intern yakin bahwa imajinasi dan produktivitas yang awalnya tidak bisa dikaitkan menjadi sangat bisa berkaitan setelah ia melakukan orientasi. Selain itu, seorang intern bisa merasa bahwa dirinya “belongs to here” dan tidak merasa sebagai “outsider”. Dari penjelasan tersebut, dapat diketahui bahwa tipe orientasi yang dilakukan adalah tipe induksi dan sosialisasi. Tipe induksi dilakukan untuk mengenalkan apa yang akan dilakukan beserta prosedurnya, sedang tipe sosialisasi mengenalkan norma dan value yang ada di Google

  56. Mutmainatul Ghofar

    Mutmainatul Ghofar
    101711133141
    ikm b 2017

    Di video tersebut, google sangat profesional dalam memberikan orientasi kepada seseorang yang bahkan bukan pegawai tetapnya, tetapi peserta magang. Hal tersebut terlihat sangat menarik dan juga membuat peserta magang tertarik untuk bekerja dengan Google, seperti yang terlihat di video tersebut. Menurut saya metode orientasi yang digunakan oleh google pada video tersebut yaitu tipe induksi dan sosialisasi. Bertipe induksi karena peserta magang saat awal masuk kantor Google diberitahukan segala sesuatu yang berkaitan tentang Google, mulai dari sejarah, deskripsi produk/ jasa yang dihasilkan, struktur, bahkan segala kebijakan yang berlaku di Google. Dan bertipe sosialisasi karena peserta magang bekerja langsung dengan karyawan-karyawan yang berada di posisi yang sama artinya peserta magang tersebut dibimbing dan diperkenalkan langsung oleh ahlinya. Sehingga peserta magang tahu perilaku apa yang tepat untuk diterapkan saat di tempat tersebut serta dapat menyesuaikan norma-norma dan nilai-nilai kelompok kerja yang biasa ia bawa dengan norma dan nilai kelompok kerja yang ada di tempat kerja. Metode job placement yang digunakan pun sangat tepat yaitu dengan menempatkan peserta magang ke posisi yang memang peserta magang tersebut kuasai. Sehingga kemampuan yang dimiliki peserta magang tersebut bisa berkembang dan yang paling penting, peserta magang bisa nyaman bekerja dengan posisinya saat ini.

  57. Qomariah Dianti

    Nama : Qomariah Dianti Sari
    NIM : 101711133110

    Orientasi bagi para karyawan magang di Google yang dilakukan selama satu minggu berjalan dengan sangat baik. Google mengenalkan kepada karyawan magang mengenai segala hal yang berhubungan dengan perusahaan Google itu sendiri. Karyawan magang diajak untuk berkeliling di lingkungan perusahaan agar para karyawan magang tersebut bisa semakin mengenal lingkungan yang nantinya akan digunakan sebagai tempat mereka bekerja. Google berusaha menciptakan rasa nyaman dan kekeluargaan kepada para karyawan magang dengan tidak membedakan antara karyawan tetap dan karyawan magang. Tentunya hal tersebut akan memberikan rasa ketertarikan serta pengalaman yang sangat mengesankan kepada karyawan magang terhadap perusahaan Google tersebut. Selain itu, suasana yang nyaman di lingkungan kerja sangat membantu perusahaan dalam mencapai tujuan dari perusahaan tersebut karena karyawan akan mampu untuk bekerja secara lebih maksimal. Para karyawan yang sudah lama bekerja tetap bersikap ramah dan memberikan bimbingan sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan oleh para karyawan magang dengan sangat baik. Karyawan magang ditempatkan sesuai dengan bidang yang dikuasainya serta kemampuan yang dimiliki. Hal ini sangat efektif dilakukan agar para karyawan magang dapat bekerja secara maksimal.

  58. Nama : Alya Rohma Indrastuti
    Nim : 101711133082

    Berdasarkan video Google interns’ first week, job placement yang diterapkan oleh Google tidak hanya melihat kemampuan intern namun juga disesuaikan dengan spesifikasi pekerjaan (job specification). Bukan hanya latar belakang pendidikan namun juga bakat dan minat yang dimiliki oleh intern. Kemudian mengenai orientation, Google tidak hanya sekedar ‘mengenalkan’ namun juga memberikan kesempatan para intern untuk terus belajar. Google melaksanakan orientasi dengan tipe sosialisasi yang mana hal ini memudahkan intern untuk mempelajari norma, sistem dan pola perilaku yang ada. Dalam video Google interns’ first week, intern menyatakan bahwa mereka merasa nyaman berada di lingkungan Google. Mereka bisa menyalurkan ide dan saling bertukar pikiran dengan metode brain storming. Hal ini menunjukkan bahwa Google berhasil mencapai tujuan orientasi untuk membuat intern merasa diterima dan tenang di lingkungan baru. Selain itu Google juga berhasil mencapai manfaat dari orientasi yaitu mengurangi kecemasan. Intern diperbolehkan untuk bertanya sebanyak yang mereka inginkan tanpa adanya rasa takut atas perbedaan jabatan. Sehingga intern dapat termotivasi dan meningkatkan produktivitas intern dalam memberikan kontribusi.

  59. Miftahatur R.K

    Nama : Miftahatur R.K
    NIM : 101711133142

    pada studi kasus yang terjadi di perusahaan dunia yakni Google.inc proses penempatan kerja yang dilakukan oleh perusahaan menerapkan beberapa prinsip yakni salah satunya kemanusiaan yang mana prinsip ini menganggap bahwa tiap pekerja memiliki persamaan harga diri, memiliki kemauan,keinginan, cita,-cita, serta kemampuan yang harus dihargai sebagai layaknya manusia bukan mesin. Hal ini tercermin dari bagaimana cara Google inc. memperlakukan para interns dengan memberikan berbagai macam fasilitas yang nyaman dan memeberikan berbagai treatment pengembangan potensi yang nantinya akan berpengaruh dalam peningkatan produktivitass dari para interns. selain itu Google inc, juga menerapkan prinsip the right man on the right place, dalam hal ini Google inc menempatkan para interns sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing dengan berbagai macam latar belakang yang disesuaikan. tidak berhenti pada sistem penempatan kerja yang sangat baik, Google inc juga memberikan masa orientasi yang menyenangkan dan menumbuhkan rasa kesadaran dan kemauan yang tinggi untuk bisa mengeksplore potensi masing-masing yang mana nantinya akan membantu meningkatkan kualitas pekerjaan masing-masing serta mendorong interns untuk beradaptasi sangat baik dengan lingkungan yang ada di Google inc. dapat dilihat dalam video tersebut jika Google inc berhasil menjadi perusahaan yang hebat bukan hanya karena bagaimana orang- orang didalamnya melainkan juga dipengaruhi dari bagaimana Google inc memperlakukan internsnya.

  60. Nama : Mahdiyyah Husna N
    NIM : 101711133158
    Job Placement dilakukan sesuai dengan kemampuan hasil seleksi, latar belakang pendidikan, dan minat intern. Oleh karena itu para intern menggambarkan bahwa suasana disana sangatlah nyaman dan mendukung karena disesuaikan dengan kebutuhan kerja mereka. Di saat mereka memulai internship, para supervisor akan memberikan arahan seperti menunjukkan kepada mereka dimana letak kantor mereka dan dimana meja kerja mereka. Pada hari pertama internship, para intern merasa diperlakukan seperti layaknya karyawan tetap oleh supervisor mereka. Para supervisor pun berusaha meyakinkan intern agar merasa menjadi bagian dalam tim dan tidak merasa berbeda daripada yang lain. Para intern dilibatkan dalam aktivitas yang ada di Google, sehingga bisa memahami bagaimana iklim kerja di Google. Bahkan dengan begitu, intern bisa semakin bersemangat dan terpacu untuk menghadapi tantangan yang akan dihadapi kedepannya. Seperti yang dicontohkan Google, seorang intern yakin bahwa imajinasi dan produktivitas yang awalnya tidak bisa dikaitkan menjadi sangat bisa berkaitan setelah ia melakukan orientasi. Selain itu, seorang intern bisa merasa bahwa dirinya “belongs to here” dan tidak merasa sebagai “outsider”. Dari penjelasan tersebut, dapat diketahui bahwa tipe orientasi yang dilakukan adalah tipe induksi dan sosialisasi. Tipe induksi dilakukan untuk mengenalkan apa yang akan dilakukan beserta prosedurnya, sedang tipe sosialisasi mengenalkan norma dan value yang ada di Google

  61. Nama : Ruri Kharisma Fitriani
    NIM : 101711133108

    Berdasarkan video tersebut dapat diketahui bahwa Google Inc. merupakan perusahaan kelas dunia yang berhasil dalam mengelola sumber daya manusianya. Google Inc. sudah menggunakan proses atau metode yang tepat dalam pelaksanaan orientasi, sehingga tujuan dan manfaatnya dapat dirasakan betul oleh karyawan. Hasilnya, intern dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan perusahaan. Intern memahami dan melakukan pekerjaannya dengan baik bahkan pada hari pertama bekerja. Dalam lingkungan perusahaan, intern dibebaskan untuk belajar dan mengexplore ilmu sebanyak banyaknya, dan tidak perlu malu untuk bertanya tentang apa yang belum mereka ketahui. Selain itu, berdasarkan pada budaya organisasinya, mereka tidak membeda bedakan status karyawan di perusahaan tersebut. Intern ditegaskan bahwa ketika menjadi intern, mereka adalah bagian penting dari tim sesuai dengan job placement masing masing. Google Inc juga sangat mengimplementasikan job placement di dalam perusahaannya. Intern ditempatkan pada skill yang mereka miliki, sehingga akan dapat mengoptimalkan hasil kerja. Sebagai contoh, seorang lulusan Physics and Computer Science dari Florida Institute of Technology bernama Kim Day di tempatkan pada bagian engineering, sesuai dengan skill yang ia miliki. Sehingga dapat disimpulkan bahwa proses orientasi sampai job placement di Google Inc. sudah berhasil.

  62. Shadilla/101711133089

    Nama :
    NIM :

    Dari video yang telah saya lihat di atas, bisa disimpulkan bahwa metode job placement yang diambil oleh perusahaan Google adalah dengan tidak memandang latar belakang pendidikan atau pekerjaan yang dimiliki oleh karyawannya. Selama ia memiliki kemampuan, komitmen, dan tujuan di bidang teknologi, maka ia bisa bekerja di perusahaan Google. Tetapi, Google tidak mengabaikan skill yang dimiliki karyawannya sejak awal. Terlihat dari salah satu karyawannya yang memiliki latar belakang skill di bidang coding ditempatkan pada pekerjaan pemrograman. Selanjutnya pada orientasi, google memiliki tipe orientasi induksi dan sosialisasi. Pada prinsip induksi, karyawan baru ditunjukkan oleh senior atau supervisor tentang hukum, peraturan, kebijakan perusahaan, spesifikasi pekerjaan, tanggung jawabnya dalam organisasi, serta pada saat acara orientasi, mereka menjumpai rekan-rekan karyawan lainnya yang dikumpulkan dalam satu tempat. Sedangkan pada prinsip orientasi sosialisasi, dimana para karyawan baru memperoleh keahlian kerja dan perilaku yang tepat dari hasil mereka mempelajari norma, sistem nilai, dan pola perilaku sendiri maupun bersama koleganya. Selain itu, mereka juga diberi kesempatan dalam berpendapat atau bertanya tentang apa saja yang belum mereka mengerti soal pekerjaan dan perusahaan. Hal ini dapat menciptakan suasana kerja yang baik dan nyaman bagi karyawan baru di perusahaannya.

  63. Nala Astari Pramesti

    Nala Astari P
    101711133128

    Dari video tersebut diketahui bahwa orientasi para magang dilakukan dengan berbagai kegiatan yang fun seperti dibentuknya kelompok kecil antar para pegawai agar saling bersosialisasi, seminar dan toor ke berbagai tempat di Google. Karyawan tetap bertugas untuk memberikan informasi serta motivasi kepada seluruh karyawan magang dengan penuh keramahan sehingga membuat proses orientasi ini berjalan dengan maksimal dan membuat peserta magang merasa diterima dan nyaman. Metode yang digunakan oleh Google dalam menghadapi proses orientasi ini berupa induksi dan sosialisasi, tipe induksi yaitu penjelasan mengenai perusahaan Google, tanggung jawab peserta magang , sedangkan tipe sosialisasi berupa penerapan nilai dan norma perusahaan terhadap karyawan magang tersebut sehingga dari sanalah diperoleh keahlian dan kemampuan kerja. Terdapat satu yang menjadi sorotan saya mengenai program internship di Google ini yaitu para peserta mendapatkan bantuan berupa help online center untuk lebih mengerti mengenai produk-produk Google. Dalam proses orientasi ini juga diterapkan peserta magang untuk mampu Brainstorming (menggali ide) dalam menjalankan pekerjaannya.Selain itu mereka tidak dibedakan antara pegawai internship dan pegawai tetap. Job Placement yang dilakukan telah berdasarkan 6 prinsip yang telah dibahas.Beberapa diantaranya adalah Principles of Job First, Man Next (penempatan pekerjaan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan) ; Principles of Qualification (Pekerjaan yang ditempatkan sesuai dengan kualifikasinya); Principles of Working Conditions (Karyawan dibuat paham dengan kondisi kerja yang berlaku diperusahaan Google tersebut).

  64. Annur Mukminun

    Nama : Annur Mukminun
    NIM : 101711133127

    Berdasarkan video diatas, proses orientasi pada student internship diperusahaan Google sudah berhasil, karena mengedepankan kenyamanan dan dari rasa nyaman tersebut karyawan menjadi lebih produktif. Hal tersebut dapat dilihat, para karyawan baru disambut dengan hangat seperti keluarga, tidak adanya sikap membeda-bedakan antar karyawan, senior dengan senang hati membantu dan memberi motivasi yang membangkitkan karyawan dalam bekerja baik secara personal maupun dalam team, sehingga tidak ada rasa takut selama bekerja. Hal ini dikarenakan Google menggunakan metode orientsi induksi dengan mengenalkan karyawan terhadap lingkungan perusahaan, dan juga dengan metode sosialisasi dengan sikap kekeluargaan seluruh karyawan, sehingga membuat karyawan mudah beradaptasi. Juga ada satu hal unik yang dilakukan oleh perusahaan Google yaitu memberikan sebuah topi “Noogler” kepada pada karyawan barunya agar kesan pertama yang dirasakan karyawan itu bahagia dan bangga dapat bekerja disana. Sedangkan pada job placement karyawan, perusahaan Google menggunakan metode penempatan karyawan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, perusahaan melihat latar belakang mereka dalam penempatan pekerjaan, seperti job specification, pendidikan dan kemampuan karyawan tersebut. Diperusahaan ini juga tidak ada sikap merendahkan ide-ide setiap karyawannya, justru harus dikembangkan lagi meskipun itu hal yang tidak mungkin, jadi karyawan selalu senang untuk berimajinasi untuk membentuk inovasi baru.

  65. Noor Faizah Balqis A. M.
    101711133138

    Berdasarkan video tersebut, dapat dilihat bahwa karyawan baru yang telah direkrut oleh Google memiliki latar belakang pendidikan yang beragam. Meskipun begitu, Google melakukan job placement tidak hanya melihat berdasarkan pendidikannya saja, namun bakat dan skill yang dimiliki oleh karyawan tersebut. Lalu, setelah penempatan pekerjaan yang sesuai, dari video tersebut dapat dilihat bahwa Google melakukan orientasi dengan tipe induksi dan sosialisasi, dimana para karyawan dikenalkan mengenai seluruh bagian perusahaan. Dan juga, Google menciptakan suasana kerja yang sangat nyaman serta menyediakan fasilitas sesuai kebutuhan karyawan sehingga karyawan baru merasa diperhatikan, nyaman, senang, dan benar-benar diterima menjadi bagian dari Google.

  66. Noor Faizah Balqis A. M.
    101711133138

    Berdasarkan video tersebut, dapat dilihat bahwa karyawan baru yang telah direkrut oleh Google memiliki latar belakang pendidikan yang beragam. Meskipun begitu, Google melakukan job placement tidak hanya melihat berdasarkan pendidikannya saja, namun bakat dan skill yang dimiliki oleh karyawan tersebut. Lalu, setelah penempatan pekerjaan yang sesuai, dari video tersebut dapat dilihat bahwa Google melakukan orientasi dengan tipe induksi dan sosialisasi, dimana para karyawan dikenalkan mengenai seluruh bagian perusahaan. Dan juga, Google menciptakan suasana kerja yang sangat nyaman serta menyediakan fasilitas sesuai kebutuhan karyawan sehingga karyawan baru merasa diperhatikan, nyaman, senang, dan benar-benar diterima menjadi bagian dari Google.

  67. dayinta

    NAMA : DAYINTA ANNISA SYAIFUL
    NIM : 101711133091
    Google memperlakukan para intern seperti regular employee selama masa orientasi yang berjangka waktu satu minggu. Orientasi secara induksi dilakukan pada hari pertama dimana karyawan lama mengenalkan secara singkat mengenali fasilitas, norma, hingga cara bekerja kepada intern. Orientasi selanjutnya dilakukan dengan metode sosialisasi yang santai dan memberikan kesempatan bagi para intern untuk mengeksplor Google secara mendalam dan mandiri melalui pemberian project kepada intern. Sehingga intern dapat belajar secara langsung bagaimana proses bekerja di Google. Selain itu, Google juga melakukan sharing antara karyawan lama dan baru secara santai sehingga terjadi pertukaran pikiran antara keduanya. Hal ini membuat para intern merasa dihargai oleh Google. Poin yang ditekankan Google adalah semangat untuk terus belajar bukan mengetahui segala sesuatunya secara instan. Output kegiatan orientasi Google tergambar jelas melalui statement karyawan sudah ditetapkan menjadi karyawan tetap dimana mereka sudah mengetahui visi misi Google, dapat bekerja sama, dan melakukan problem solving sehingga karyawan merasa dirinya bagian dari Google dan dapat berkembang bersama Google.
    Google juga melakukan job placement yang didukung oleh latar belakang intern yang sesuai bidang pekerjaannya. Output yang dihasilkan adalah Google tidak membutuhkan banyak biaya untuk training, karena secara tidak langsung project adalah bentuk training pula dan intern dapat meningkatkan kinerjanya saat proses penyelesaian project.

    #pak ini dayinya tidak bisa post kalau pake emailnya

  68. Aulia Rosyida/ 101711133151

    Dari video di atas, terlihat bagaimana google pertama; sangat menghargai SDM (Sumber Daya Manusia ) dan karyawannya yang mungkin salah satunya masih ada yang berkuliah dan belum memiliki pengalaman kerja yang banyak, kedua; memperhatikan talenta masing-masing karyawan yang digunakan sebagai sebagai sebuah strategi dalam mengembangkan usahanya yang penuh keterlibatan langsung antara pelatih dan para intern, sehingga para karyawan sangat dihargai semua usahanya sehingga minat dan bakat para karyawan dapat tumbuh dengan baik, dan ketiga; geoogle sebagai perusahaan besar melalukan sebuah orientasi kepada para karyawannya dengan sangat baik, dimana terdapat sebuah tempat yang nyaman berupa falitias dan suasana yang dapat menunjang optimalisasi dari produktivitas kerja para karyawan. Apa yang diterapkan Google tepat dengan kebutuhan dan lapangan kerja Google dimana para ahli marketing, tech designers, web engineers dll yang mana sangat memerlukan ide kreatifitas tinggi.

  69. Reyta NM

    Nama : Reyta Nurina Mazaya
    NIM : 101711133096

    Google melakukan orientasi dengan mengenalkan pekerjaan dan lingkungannya kepada karyawan baru. Ketika orientasi, karyawan baru diberi pengarahan tentang jobdesk mereka sesuai dengan spesifikasi masing-masing. Cara menyampaikannya ramah, fleksibel dan tidak ada batasan antara karyawan lama dan baru. Sehingga karyawan dapat bekerja secara optimal sesuai dengan potensinya. Metode yang digunakan dalam job placement google adalah menempatkan karyawan sesuai dengan minat serta spesifikasi yang dimiliki, sehingga lebih efektif dan efisien dalam melakukan pekerjaannya. Orientasi yang meningkatkan kenyamanan karyawan baru dan job placement yang tepat membuat produktivitas google terus berkembang.

  70. Rifdatus Samaha

    Nama : Rifdatus Samaha
    NIM : 101711133140

    Orientasi dan Job Placement yang dilakukan oleh Google kepada intern terlihat sangat menarik. Pada video tersebut digambarkan bahwa para intern walaupun masih berstatus sebagai intern tapi perlakuan yang didapatkan maupun pekerjaan dan kebebasan berpendapat sudah selayaknya seperti karyawan tetap. Google juga tidak menyia-nyiakan pengalaman maupun minat untuk mengeksplor diri para intern yang ada, hal itu terbukti di mana Google mampu melihat peluang dan background yang ada pada setiap intern dalam penempatannya, sehingga intern pun merasa tertantang untuk mengerjakan hal-hal yang dibebankan kepadanya dan menganggap itu adalah sebuah challenge bagi dirinya, mengingat sudah ada sedikit ilmu yang intern itu peroleh. Selain tempat yang nyaman, intern pun mendapatkan lingkungan dan sambutan yang hangat dari para pekerja di sana, sehingga mereka semakin termotivasi untuk melakukan segala hal dengan baik, dan tidak seperti sedang bekerja. Tipe orientasi yang Google gunakan adalah tipe induksi dan sosialisasi karena intern selain mempelajari apa yang akan dilakukan serta kebijakan dan prosedur yang harus dilakukan, para intern juga mempelajari norma-norma, sistem nilai dan pola perilaku yang ada pada Google.

  71. Anizah Izzi Haibah

    Nama : Anizah Izzi Haibah
    NIM : 101711133144

    Orientasi dan job placement yang dilakukan oleh Google menggunakan metode yang sangat menarik. Dalam masa orientasi, google menekankan pada pentingnya kesan pertama bagi pemagang. Selain penyediaan fasilitas dan lingkungan kerja yang kondusif, pembimbing magang menggunakan cara yang unik untuk mengenalkan perusahaannya. Tidak ada tekanan atau tuntuan tertentu yang diberikan oleh Google, melainkan motivasi yang sifatnya membangun. Hal ini tentu berdampak pada kenyamanan yang dirasakan oleh pemagang. Dalam segi Job Placement, Google memilih posisi yang tepat bukan hanya bergantung pada pengetahuan dan keahlian mereka saja, tetapi juga memperhatikan ketertarikan mereka terhadap suatu hal, karena ketika melakukan sesuatu yang benar-benar disenangi akan memberikan output yang lebih maksimal jika dibandingkan dengan pekerjaan karena keterpaksaan. Terkait dengan materi yang dibahas sebelumnya, selain pemahaman terhadap suatu organisasi dan pekerjaan yang diberikan, ‘ekspektasi karyawan baru’ menjadi salah satu output penting dalam orientasi dan job placement yang akan berdampak pada hasil kinerjanya.

  72. Nama :Aulia Rosyida/ Nim : 101711133151
    Dari video di atas, terlihat bagaimana google sangat menghargai SDM (Sumber Daya Manusia ) dan karyawannya yang mungkin salah satunya masih ada yang berkuliah dan belum memiliki pengalaman kerja yang banyak, serta sangat beragam pula latar belakang pendidikan para tenaga kerjanya sehingga diperlukan adanya job placement yang baik, dan google telah melakukannya lalu google ; memperhatikan talenta masing-masing karyawan yang digunakan sebagai sebagai sebuah strategi dalam mengembangkan usahanya yang penuh keterlibatan langsung antara pelatih dan para intern, sehingga para karyawan sangat dihargai semua usahanya sehingga minat dan bakat para karyawan dapat tumbuh dengan baik, dan terakhir; geoogle sebagai perusahaan besar melalukan sebuah orientasi kepada para karyawannya dengan sangat baik, orientasi yang coba diterapakan ialah indusksi dan social, dimana terdapat sebuah tempat yang nyaman berupa fasilitas dan suasana yang dapat menunjang optimalisasi dari produktivitas kerja para karyawan.

  73. richa rifana aida

    nama : Richa Rifana Aida
    NIM : 101711133117

    berdasarkan video diatas, orientasi yang dilakukan oleh google dilakukan agar karyawan mengetahui tentang perusahaannya. Hal ini dikarenakan Google menggunakan metode orientsi induksi dengan mengenalkan karyawan terhadap lingkungan perusahaan, dan juga dengan metode sosialisasi dengan sikap kekeluargaan seluruh karyawan, sehingga membuat karyawan mudah beradaptasi. Sama dengan materi y\ng idsampaikan hari ini, bahwa orientasi dibagi menjadi dua, yaitu induksi dan sosialisasi. yang mana induksi merupakan pengenalan awal tentang organisasi dengan 6 materi, sedangkan sosialisasi merupakan orientasi jangka panjang dalam mempelajari norma-norma di perushaan. sosialisasi dilakukan oleh karyawan lama dan karyawan baru. Google menempatkan para interns sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing dengan berbagai macam latar belakang yang disesuaikan.

  74. Karima maharotus zahro

    Nama : karima maharotus zahro
    Nim : 101711133094

    Dari video yang dipaparkan diatas dapat diambil kesimpulan diantaranya bahwa google merupakan perusahaan yang patut menjadi contoh, salah satunuya dengan ketepatan penempatan pekerjaan sesuai latar belakang karyawan , sehingga setiap orang yang masuk di google sangat enjoy menjalani pekerjaannya. ini juga didukung dengan orientasi yang mana merupakan gerbang awal masa-masa pengenalan kantor maupun pekerjaan, yang mana dilakukan dengan sangat efektif, efisien serta tidak adanya gap-gap karyawan lama dan baru. sehingga bisa meningkatkan produktivitas kerja di google

  75. Karima maharotus zahro

    Nama : karima maharotus zahro
    Nim : 101711133094

    Dari video yang dipaparkan diatas dapat diambil kesimpulan diantaranya bahwa google merupakan perusahaan yang patut menjadi contoh, salah satunuya dengan ketepatan penempatan pekerjaan sesuai latar belakang karyawan , sehingga setiap orang yang masuk di google sangat enjoy menjalani pekerjaannya. ini juga didukung dengan orientasi yang mana merupakan gerbang awal masa-masa pengenalan kantor maupun pekerjaan, yang mana dilakukan dengan sangat efektif, efisien serta tidak adanya gap-gap karyawan lama dan baru. sehingga bisa meningkatkan produktivitas kerja di google

  76. Karima maharotus zahro

    karima maharotus zahro
    101711133094

    Dari video yang dipaparkan diatas dapat diambil kesimpulan diantaranya bahwa google merupakan perusahaan yang patut menjadi contoh, salah satunuya dengan ketepatan penempatan pekerjaan sesuai latar belakang karyawan , sehingga setiap orang yang masuk di google sangat enjoy menjalani pekerjaannya. ini juga didukung dengan orientasi yang mana merupakan gerbang awal masa-masa pengenalan kantor maupun pekerjaan, yang mana dilakukan dengan sangat efektif, efisien serta tidak adanya gap-gap karyawan lama dan baru. sehingga bisa meningkatkan produktivitas kerja di google

Leave a Comment Here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: