Cracking Era, Disruptive Innovation

Masalah lain dari sistem pendidikan saat ini adalah terjadinya “disruptive” sistem. Kita sudah meyakini bahwa sistem pendidikan akan selalu langgeng. Bak dogma. Di era teknologi inovasi dan gejolak perkembangannya detik demi detik ada satu keniscayaan yang pasti yang bernama “perubahan”. Seperti kita yang semakin menua, seperti itulah ilmu. Selalu ada yang baru. Di tahun 1995 fenomena “disruptive innovation” sudah muncul dan dibahas di majalah sekelas Harvard Business Review.
Terjadi keretakan lebar. Dan harus diantisipasi para pendidik. Segera. Semua pendidik harus jadi kekinian. Serba canggih. Adapun mahasiswa sekarang bukan lagi disebut milenial. Milenial itu sebutan untuk era saya. Mereka generasi selepas milenial. Generasi Z. Mereka ada dan lahir sebagai “digital native”. Jika ini tidak diantisipasi oleh para pendidik maka akan terjadi sebuah keretakan lebar. Para pendidiknya “bermindset” X atau bahkan masih ada yang babyboomer, yang dididik generasi Z. Mindset tidak menyoal usia. Keduanya berbeda.
https://www.youtube.com/playlist?reload=9&list=PL5D7A6BB137123012
TEDxAshokaU 2012  Theme: “Disruptive Innovation in Higher Education”
Bayangkan. Maka akan selalu terjadi keretakan hubungan sharing knowledge di kelas yang mungkin terjadi. Saat pendidik berfilosofi tentang kehidupan masa lalunya dan mahasiswanya sibuk menggali informasi dari twitter atau baca berita online di mojok, kumparan dan tirto. Ini yang oleh para pendidik disebut disruptive. Mungkin. Era ini menjadi keras saat para pendidik lupa satu hal. Kita juga harus berusaha mengikuti cara mereka berfikir. Dengan itulah transfer of knowledge menjadi lebih muda, segar, dan mudah. Mungkin. Cara lain? Sepertinya menjadikan belajar sepanjang hayat adalah kunci. Harus disadari kita lahir sangat berbeda dengan saat mereka lahir sebagai mahasiswa. Bagaimana? Sudah punya Twitter? Instagram? ResearchGate? OrcID? Publons? Hhhmm apalagi sebutin semua. Tiktok? Ups. Hehehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.