Dari pasar tradisional kami bangkit!

Ibu saya adalah pelaku ekonomi sesungguhnya. Tahu dan merasakan betul kondisi ekonomi di kalangan bawah. Kami memberanikan membuka toko klontong sejak tahun 1993. Saya ingat karena adik saya waktu itu belum genap satu tahun. Apa yang membuat Ibu pada akhirnya berani bersaing di pasar, tidak lebih untuk berusaha membantu perekonomian keluarga. Ayah kami lulusan PGA 4 tahun. Setara dengan pendidikan SMA saat ini, dan menjadi guru SD. Walaupun pada akhirnya ada cerita lain sehingga beliau menjadi guru SMA dan mempunyai strata yang sama denganku saat ini.
Hingga saat ini Ibu masih bekerja, susah untuk menghentikannya bekerja. Apalagi sebenarnya sudah tidak ada lagi yang menjadi tanggungannya. Setelah anak-anaknya sudah mandiri. Kondisi ekonomi keluarga juga sangat cukup. Apa gerangan yang membuatnya enggan meninggalkan pasar? Ya hubungan pertemanan dan kebiasaan bangun pagi pulang siang itu yang berat ditinggalkan. Kebiasaan itu sudah menjadi bagian hidup sejak kecil dulu. Dari pasar juga terjalin hubungan persaudaraan. Depan toko Ibu ada Bu Haji penjual ayam, ada penjual daging, penjual bumbu dan gilingan kelapa. Hubungan sosial diantara mereka yang menjadi support system dari serangkaian masalah kehidupan termasuk masalah dengan anak-anaknya.
Pendidikan yang kami peroleh hingga saat ini pun adalah murni beasiswa Ibu. Dari jualan klontong, panci, dandang, piring, sendok, gayung dan teman-temannnya. Betapa hebatnya peran perekonomian rakyat kecil yang menjadi soko guru perekonomian nasional. Pasar tradisional adalah tumpuan, melawan terpaan Kapitalisme Global.

Terimakasih Ibu, terimakasih sudah menjadi bagian cerita hidup kami yang tidak melulu soal suka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.