Yuk kunjungi Instagram Kekinian #UNAIR

Membaca judul tulisan blog ini, pasti sudah tidak asing lagi dikalangan anak gaul kekinian UNAIR. Sambil pegang handphone, semua pasti sepakat jika Instagram merupakan salah satu aplikasi yang terunggah di perangkat gawai kalian. Betul apa betul?
UNAIR yang punya reputasi sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang kata anak sekarang ‘hits’ di Indonesia juga perlu untuk ditelusuri mahasiswa-mahasiswinya bro! Gak kalah dong sama menterengnya alamamater kita, ada akun instagram khusus (OFFIAL/ NON OFFICIAL UNAIR) yang jadiin UNAIR sebagai obyek unggahan.
Nah apa saja akun kekinian instagram yang ‘ngupas’ seputar UNAIR baik dari sudut kreatifnya atau bahkan orang-orang yang hits kekinian. Apa saja sih?
Kita mulai dari akun resmi alias Official.
1. Akun @univ_airlangga
Nah, tidak kalah kekinian. Kampus UNAIR punya nih akun sosial media berbasis foto yang sangat jamak digauli anak muda yaitu Instagram. Nama akunnya @univ_airlangga
Akun ini menjawab tantangan pasar atas kemajuan dunia sosial media sebagai media promosi dan branding Universitas. Apa perlunya? ya, bagaimanapun UNAIR harus mengkomunikasikan diri sebagai sebuah brand sebagai salah satu Universitas terkemuka  di Indonesia.
Ada apa aja sih di akun resmi UNAIR ini?
Screen Shot 2016-11-15 at 10.57.57 AM.png

Potongan gambar dari akun @univ_airlangga

Nah silahkan aja cek gawai mu sekarang, buka Instagram dan segera meluncur ke @univ_airlangga jangan lupa untuk follow ya. Disitu ada banyak informasi kegiatan UNAIR. Mulai kegiatan yang dilakukan Prof. Nasih, sampai kegiatan mahasiswa per fakultas ada semua. Yang pasti semua informasi ini dikelola oleh PIH (Pusat Informasi dan Humas) UNAIR sebagai representasi dari Universitas Airlangga. Saat ini sudah ada 5K follower. Banyak juga ya, Ayo follow kalau belum ya rek!
2. Akun @amertaunair
Salah satu akun dengan pengikut ribuan adalah @amertaunair. Tentu saja karena hampir semua mahasiswa baru pasti mengikuti akun ini. Akun @amertaunair saat ini mempunyai pengikut 6.524. Banyak bukan?
Nah tujuan utama akun ini dibuat adalah sebagai media resmi panitia amerta UNAIR untuk menghimpun jejaring dan promosi kegiatan. Kegiatan Amerta sendiri ditujukan untuk mahasiswa baru UNAIR yang dilakukan setiap tahun oleh BEM UNAIR. Jadi jika kalian masih tergolong MABA, akan sangat tidak kekinian jika tidak mengikuti akun hits ini.
screen-shot-2016-11-15-at-12-21-55-pm

Bu Chofifah saat bersama para mahasiswa, Pak Rektor, dan Para Wakil Rektor saat AMERTA 2016 kemarin (Photo: @amertaunair)

3. Akun @exploreunair
Kalau akun yang sebelumnya itu isinya lebih formal, nah berbeda dengan akun yang satu ini. ya @exploreunair yang bisa dilihat ungguhannya dengan tagar #exploreunair. Disitu kita bisa melihat sudut per sudut dari kampus UNAIR. Mulai kampus A, B, C dan banyak lainnya. Foto yang diunggah adalah hasil repost (unggah ulang) dari follower maupun pengguna instagram yang mengunggah foto seputar aktivitas dan tempat-tempat yang ‘hits’ di UNAIR. Foto-foto yang di unggah ulang biasanya foto yang tidak biasa secara pengambilan gambar (angle), unik dan punya kesan ‘instagramable’. Semua khas anak muda kekinian. Satu hal kesan yang digambarkan dari akun @exploreunair adalah kesan bahwa UNAIR itu keren.
screen-shot-2016-11-15-at-11-55-50-am

Beberapa unggahan ulang dari akun @exploreunair yang kece!

Nah foto diatas adalah beberapa unggahan dari akun @exploreunair. Saat ini akun @exploreunair punya pengikut yang banyak banget sekitar 6.240. Akun ini dikelola oleh komunitas explore unair dan bukan merupakan akun official/resmi UNAIR. Walaupun tidak resmi namun keberadaanya turut membantu meningkatkan reputasi universitas dan sebagai image positif. Tidak jarang akun ini menjadi rujukan para siswa SMA untuk tahu detail lebih dekat bagaimana kampus UNAIR itu. So, akun ini layak juga diikuti selain akun resmi UNAIR.
4. Akun @unairhitspeople
Kalian pasti tidak kenal dong semua mahasiswa UNAIRyang jumlahnya ribuan itu? apalagi tersebar di tiga kampus. Aha, kalian juga pasti gak kenal anak-anak UNAIR yang dikatakan Hits? Ada yang bisa jadi rujukan (gak resmi sih?). LOL
Akun @unairhitspeople menjawab kebutuhan ‘kepo’ kalian soal siapa yang paling hits di kalangan anak kuliahan di UNAIR. Akun @unairhitspeople mengunggah foto dengan tagar #Unairhitspeople. Unggahan itu berisi foto mahasiswa/i yang dianggap hits oleh teman-temannya. Biasanya endorse anak hits itu datang dari teman-temannya. Lalu admin akan menelusuri sumbernya. Dan kemudian diunggah ulang deh foto hits tadi. Hahaha
screen-shot-2016-11-15-at-12-09-58-pm

Potongan gambar dari akun @unairhitspeople yang kekinian 😀

Soal kriterianya sih menurut pengamatan penulis juga gak begitu jelas. Catet ye, gak gitu jelas. Prestasi? bisa juga, Kepopuleran? Hmmm, ya mungkin. Tapi yang jelas unggahan siapa yang paling hits di UNAIR itu datang dari endorse teman-teman sekelas ataupun satu fakultas.Celakanya, tidak jarang teman-temannya ngerjain doi. Hmm, kalau kayak gitu agak berbau cyber bullying neh. LOL.
Saat ini akun ini sudah punya pengikut 1.468. Sudah ada 107 posting anak hits UNAIR juga.  Gimana apa kalian juga masuk dalam jajaran anak hits UNAIR? atau pengen ‘dikerjai’ temennya biar masuk ke unggahan foto disitu? Hehehe.
Nah, itu tadi ada empat akun yang cukup ‘hits’ dikalangan Instagramers. Sebenarnya masih banyak banget akun yang bukan official UNAIR yang berafiliasi dengan keyword UNAIR, antara lain @mahasiswaunair @websunair @unairmengajar dan banyak lagi yang lain. Ketik aja di ‘Search’ kata UNAIR saat kamu buka aplikasi Instagram maka banyak banget afiliasi akun terkait UNAIR.
Gimana, UNAIR juga kekinian bukan? Sama kayak kalian! 😀
banner-1-e1475473915294-300x174

One thought on “Yuk kunjungi Instagram Kekinian #UNAIR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.