UNAIR Bersholawat, Membangun Moralitas Civitas

Sebuah Universitas kelak akan melahirkan jutaan tunas muda yang siap memberikan pengabdiannya untuk bangsa. Tidak hanya itu, semua roda pembangunan di negeri ini bergantung pada sejauh mana pendidikan itu menjadi kawah candradimuka yang hebat.

Sejalan dengan Visi dan Misi Universitas Airlangga yang kira-kira demikian:

Visi :Menjadi universitas yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan humaniora berdasarkan moral agama.

Misi:

    1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik, profesi, dan/atau vokasi dengan keunggulan kelas dunia berlandaskan nilai kebangsaan dan moral agama.
    2. Menyelenggarakan penelitian dasar, terapan, dan penelitian kebijakan yang inovatif dengan keunggulan kelas dunia berlandaskan nilai kebangsaan dan moral agama untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.
    3. Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu, teknologi, dan humaniora kepada masyarakat.
    4. Mengelola universitas secara mandiri dengan tata kelola yang baik melalui pengembangan kelembagaan yang berorientasi pada mutu dan mampu bersaing di tingkat internasional

Sejalan dengan Visi  dengan Motto “Excellent With Morality” maka UNAIR diharusnya ‘menggodok’ civitasnya untuk mempunyai Moralitas agama yang baik. Mahasiswa UNAIR tidak saja harus cerdas secara akademik, tetapi harus bisa menciptakan semangat moralitas yang unggul.

Semangat itulah yang ingin diimplementasikan oleh UNAIR termasuk dalam Kegiatan Dies Natalis ke 62 kali ini. Sabtu malam kemarin (5/11) segala penjuru rektorat Universitas Airlangga menjadi saksi dari kegiatan “UNAIR Bersholawat, untuk Indonesia Adil dan Beradab” bersama Habib Syekh bin Abdul Qodir Asseghaf. Para peserta tidak hanya datang dari civitas UNAIR tetapi datang dari berbagai daerah di Jatim. Selain dari berbagai wilayah di Surabaya, tampak antara lain dari Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Pandaan, Gresik, Tuban, Lamongan, Kediri, Malang, dan Blitar.

dsc_0583-696x464
Peserta memadati panggung. Foto: Bambang Bes (News UNAIR)

Acara malam itu kian semarak karena dibuka oleh kelompok seni Al-Banjari dari UKM Seni Religi UNAIR. Apalagi kemudian setelah salat Isya’ dan pentas diisi oleh Al-Banjari ”Ahbabul Musthofa” massa yang biasa disebut “Syekher-mania” ini semakin membeludak. Hadir malam itu Habib Syekh didampingi Rektor UNAIR Prof. Moh Nasih, Direktur Kemahasiswaan UNAIR Dr. M Hadi Subhan, Prof. M Nuh (mantan Mendikbud) juga Dahlan Iskan (mantan Menteri BUMN), dan para pimpinan UNAIR. Bahkan kemudian Wagub Jatim Syaifulloh Yusuf (Gus Ipul) juga menyusul hadir.

dsc_0602
Dominan Putih Putih. Foto: Bambang Bes (News UNAIR)

Acara ini memberikan aura yang positif dalam menjawab Visi UNAIR dan sembari memimpin Sholat Habib Syekh berdoa untuk UNAIR semoga kedepan menjadi semakin maju dan unggul seperti yang diidam-idamkan. Ia menilai bahwa kegiatan religi di arena kampus seperti ini merupakan hal yang sangat baik, karena sejalan dengan pendidikan sumber daya yang ditangani oleh perguruan tinggi.

banner-1-e1475473915294-300x174

 

One thought on “UNAIR Bersholawat, Membangun Moralitas Civitas”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.