Harapanku Di Sini, Saat Ini

Sebagai seorang dosen saya melihat bahwa banyak mahasiswa yang menganggap, mengikuti kegiatan perkuliahan hanya sebagai kewajiban memenuhi aturan akademik saja, biasanya untuk memenuhi persyaratan mengikuti ujian mata kuliah yang bersangkutan dan memperoleh kelulusan dari mata kuliah tersebut. Anggapan tersebut akhirnya membawa mahasiswa menjadi tidak bersungguh-sungguh dalam mengikuti perkuliahan, hanya sekedar menjalankan rutinitas saja dan seperti tidak memberi arti apa-apa pada mahasiswa.

Memperhatikan fenomena ini, saya mempunyai harapan nanti di perkuliahan, peserta didik harus mempunyai pandangan yang utuh tentang keuntungan atau manfaat dari matakuliah yang sedang mereka ikuti dan bagaimana penggunaannya di tempat kerja setelah lulus nanti. Menjelaskan bagaimana matakuliah tersebut berkaitan dengan entitas mata kuliah lain termasuk dalam perspektif keilmuan kesehatan masyarakat.

Dengan cara ini, saya berharap bahwa para mahasiswa mendapatkan pemahaman yang lebih menyeluruh dan kontekstual tentang pelajaran yang diikutinya, sehingga tidak hanya sekedar menjadi hafalan. Untuk lebih mendukung tujuan ini, dalam kegiatan belajar mengajar saya berkeinginan selalu mengadakan tugas baik itu secara teori maupun praktek yang relevan dengan mata kuliah yang saya ampu dengan mengikuti perkembangan terkini keilmuan. Sementara itu saya juga menerapkan pembelajaran dengan metode diskusi kelompok dan tugas presentasi interaktif  dengan memanfaatkan berbagai kemajuan media.Selain itu saya melihat bahwa ternyata banyak mahasiswa memiliki kecenderungan tidak konsentrasi untuk mendengarkan presentasi dari materi yang saya bawa karena mereka terlalu sibuk mencatat slide yang ditampilkan, dalam upaya untuk mengurangi kecenderungan tersebut maka saya menyediakan bahan yang dapat didownload oleh mahasiswa. Sehingga sebelum mengajar dan terjadi proses belajar mengajar mahasiswa sudah membaca dan memahami topik yang saya berikan di kuliah. Kuliah akan menjadi lebih efektif dan diskusi menjadi berkembang.

FKM Universitas Airlangga adalah almamater yang membentuk keilmuan saya sampai saat ini. Banyak hal yang sudah diberikan oleh kampus terhadap perkembangan dan cara pikir saya sampai saat ini dan ditambah dengan pengalaman sebagai praktisi selama kurang lebih 4 tahun.

Saya sebagai dosen muda mempunyai harapan bahwa bidang keilmuan di fakultas harus lebih banyak memperhatikan kebutuhan stakeholder terkini. Sehingga lulusan akan siap pakai. Harapan itu bisa terwujud dengan melakukan upaya peningkatan mutu yang lebih dikenal dengan quality improvement.

Peningkatan mutu berkelanjutan itu setidaknya harus terjadi di bidang akademik, pengelolaan kampus/manajerial kampus, pengembangan SDM (karyawan dan Dosen), sarana dan prasarana pendidikan dan transparansi keuangan.

Jika sinergisitas antara Karyawan, Dosen dan Pimpinan Fakultas sebagai role model di fakultas kesehatan masyarakat terjadi maka yang paling diuntungkan adalah mahasiswa yang disini saya posisikan sebagai seorang customer. Sehingga proses belajar mengajar dan pengembangan keilmuan menjadi maju dan berkualitas. Faktor pengelolaan SDM menjadi salah satu kunci keberhasilan pengelolaan kampus dengan dilandasi dengan leadership yang bagus.

Hubungan Dosen adalah hubungan simbiosis mutualisme yang terjadi satu sama lain. Karena sikap keilmuan menjadikan satu orang tidak bisa dianggap superior. Superioritas menghasilkan sikap egoisme terhadap ilmu. Jadi menurut saya, hubungan antar departemen dan individu dosen harus diciptakan oleh pimpinan. Membangun iklim dan lingkungan yang harmonis. Situasi tersebut bisa diciptakan dengan mengadakan berbagai macam kegiatan yang mendukung proses kerjasama antar departemen dan individu dosen, merancang ruangan kerja dosen yang tidak membuat egocentris departemen begitu mencolok dan sikap pimpinan yang mampu menjadi pelindung, pendorong dan memberikan spirit kerjasama yang bagus dan produktif. Mungkin harapan saya terkesan sangat ideal, tetapi jika saya memilih dan ditanya seperti topik ini maka saya akan memilih sikap demikian. Inshaa Alloh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.