Seputar Public Health 2.0 Talk Live

Apa itu Public Health 2.0 ?

Bermula dari tahun lalu saat saya berselancar di web yang sebetulnya iseng mengembangkan key word (kata kunci) dari marketing 3.0. Urutan perkembangan keilmuan yang ditandai dengan angka notifikasi 1.0; 2.0 dan 3.0. Notifikasi angka ini berlaku pada beberapa perkembangan marketing ala Hermawan Kartajaya

Keisengan saya tadi menyeret saya pada tautan The Public Health 2.0 Conference di School of Public Health Toronto tepatnya 23 September 2011 lampau.  Public health  yang old-school harus dipaksa masuk kedalam era global.

Nah, bagaimana munculnya era yang dinamakan PUBLIC HEALTH 2.0 adalah dimulainya pergeseran dalam  penggunaan media web. Web yang dimaksud adalah web generasi kedua (Web 2.0). Web 2.0, adalah sebuah istilah yang dicetuskan pertama kali oleh O’Reilly Media pada tahun 2003, dan dipopulerkan pada konferensi web 2.0 pertama di tahun 2004, merujuk pada generasi yang dirasakan sebagai generasi kedua layanan berbasis web—seperti situs jaringan sosial, wiki, perangkat komunikasi, dan folksonomi—yang menekankan pada kolaborasi online dan berbagi antar pengguna. O’Reilly Media, dengan kolaborasinya bersama MediaLive International, menggunakan istilah ini sebagai judul untuk sejumlah seri konferensi, dan sejak 2004 beberapa pengembang dan pemasar telah mengadopsi ungkapan ini.

“Although troubling to many in public health, the use of the Internet for these purposes simply cannot be ignored. Web 2.0 is here to stay and will almost certainly influence health behaviors. Health is a logical area in which individuals will want to seek opinions from others and communicate their experiences. In this new era, public health officials need to learn how to more effectively listen to these messages and, simultaneously, develop more lively and engaging messages themselves to communicate with the public.”(Wilson, Kumanan, 2011)

Saya berusaha membuat definisi singkat yang mengkaitkan beberapa pernyataan diatas sebagai berikut

Public Health 2.0 adalah suatu istilah yang diberikan untuk sebuah gerakan dalam kesehatan masyarakat yang bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat umum dalam memperoleh pengetahuan dan informasi tentang kesehatan masyarakat dengan kolaborasi jejaring sosial media dan blogger sehingga lebih user-driven.

Seputar Public Health 2.0 Talk Live, Besok…

Kenapa saya mengajak anda untuk datang dan meramaikan acara talk live public health 2.0? Singkatnya tema yang akan disusung untuk kegiatan perdana ini adalah lebih eksplorasi inovasi, partisipasi sosial media dan IT dalam Kesehatan Masyarakat. Di acara ini kami mengajak rekan-rekan yang tertarik dengan perkembangan Sosial Media dan IT untuk berdiskusi lepas dan berbagi pengalaman dengan beberapa speaker tentang bagaimana perkembangan dan manfaat dari dunia Web 2.0.

Dalam Talk Live tanggal 13 Juni 2015 Besok saya akan memberikan keynote speak tentang konsep Public Health 2.0 sebagai bagian dalam teroboson kesehatan masyarakat. Disana akan kita buka eksplorasi kita tentang beragam perkembangan web 2.0 yang mendukung kesehatan masyarakat.

@agung_dl (Agung Dwi Laksono) akan menyampaikan pengalaman menggunakan media jejaring sosial (Facebook) sebagai backbone riset kesehatan masyarakat dan Video Uploader (Youtube) sebagai media diskursus Rokok. Dengan gaya bahasan yang lugas dan menarik maka saya yakin diskusi dengannya akan menjadi bagian yang renyah.

Dari media sosial, saya juga mengajak @MMFirmansyah (M. Maman Firmansyah) untuk berbagi pengalaman tentang pemanfaatan SMS gateway yang memang merupakan teknologi (lama), tetapi menjadi menarik karena dia bekerja di Kabupaten Sampang. Sampang yang dulu kita kenal sebagai daerah dengan IPKM rendah. Menarik untuk didiskusikan dari segi daya terima masyarakat. Dengan gaya kekinian saya yakin @MMFirmansyah akan membuat anda semua gayeng.

Sebenarnya masih ada beberapa Speaker yang lain tapi akan kami susulkan di tanggal 13 besok. Menyangkut konfirmasi dan kesibukan para speaker.

Panitia @PH2_0 menggelar acara Talk Live ini di Perpustakaan Bank Indonesia di Seberang KBS (Jl. Taman Mayangkara No. 6) Surabaya. jadi jangan sampai ketinggalan, nanti panitia akan menyediakan doorprise buku, sertifikat dan lainnya.

Satu lagi yang tak kalah seru, Talk Live akan dipandu oleh Salah satu dosen FKM Unair yang juga seorang Comican yaitu @Pu_lung (Pulung Siswantara) yang pasti mengena dan kocak. Acara Talk Live juga dimeriahkan oleh GALERI POSTER Kesehatan Masyarakat oleh Mahasiswa PKIP FKM Unair.

Saya tunggu ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.