Teknologi Virtual Reality ‘Palsu’

Siapa yang mengenal teknologi Augmented  Reality ataupun jika kita melihat film animasi jepang maka banyak teknologi mutakhir dimasa datang dengan tampilan gadget yang terkesan tak tampang. Kita menyebutnya teknologi Virtual Reality.

pada dunia nyata memang sudah mulai diaplikasikan salah satunya kita mengenal google glass beberapa waktu kemarin. Dan ada di beberapa ponsel demo. Sepertinya teknologi ini sudah mulai bisa kita nikmati, tapi mungkin dengan kocek yang tebal, karena bukan produk massal saat ini.

Sebagai ‘anak muda’ kekinian. 😀 dan penggemar instagram pasti kemarin sempat heboh dengan tagar #InstagramInHand. Tagar ini mendadak jadi ramai di dalam layanan berbagi foto Instagram. Isinya berupa foto tangan yang seolah menggenggam tampilan antarmuka jejaring sosial tersebut. Sampai sekarang jumlah tagar ini lebih kurang sudah ada 27.000 -an foto yang diunggah. Pun dengan kreativitas beragam.

Sampai di kalangan netizen Indonesia foto mirip virtual reality tersebut diaplikasikan bukan hanya untuk instagram tapi untuk socmed dan tampilan lainnya. Kreatif!

f695e-original

Foto-foto tersebut dibuat dalam berbagai posisi, namun dengan ciri utama tangan serta screenshoot laman Instagram atau yang lainnya. Umumnya tak ada caption khusus yang disematkan dalam foto-foto tersebut.

Bila dilihat sekilas, foto tersebut tampak seperti teknologi virtual reality yang memproyeksikan layar sebuah ponsel ke tangan penggunanya.

Meskipun begitu, ternyata tak rumit untuk bisa membuat foto ala #InstagramInHand atau bla bla bla In Hand lainnya. Caranya gampang sekali, hanya butuh sedikit kreatifitas. Caranya seperti ini kira-kira:

1. Sebelum mulai membuat foto ala #InstagramInHand, sebaiknya cek dulu aplikasi foto di dalam ponsel Anda. Pasalnya untuk bisa membuat modifikasi foto ini diperlukan fitur yang berfungsi menumpuk dua foto berbeda. Mulai iOS, Android dan Windows Phone ada kok aplikasi seperti ini.

Kemarin saya yang pengguna Windows Phone mengujinya menggunakan aplikasi PicsArt. Namun seperti yang telah saya sebutkan di atas, selama gadget ponsel anda memiliki fitur menumpuk dua foto berbeda maka aplikasi tersebut dapat digunakan (Picsay Pro, Blender Dll)

Setelah memastikan kemampuan aplikasi edit foto di ponsel, siapkan foto yang dibutuhkan. Satu adalah foto berupa pose tangan, sesuai dengan yang diinginkan. Kedua adalah screenshot halaman Instagram/Socmed/apa yang menurut kamu layak menjadi tampilan Virtual Reality ‘palsu’ tadi. 😀

2. Bila menggunakan PicsArt, maka bukalah aplikasi tersebut dan pilih opsi Edit. Kemudian pilihlah foto pose tangan yang akan dipakai sebagai dasar.
Pada bagian dasar layar, pilihlah opsi Add Photo untuk menambahkan foto kedua. Kemudian cari screenshot laman Instagram/lainnya yang akan “digenggam” di foto tangan yang pertama tadi.

3. Setelah screenshot dipilih, Anda dapat mengatur opacity atau transparansi nya tanpa mengganggu foto yang pertama. Model peletakkan screenshot itu pun bisa dipilih antara normal, multiply, overlay, screen, darken, lighten dan add. Kreativitaslah yang akhirnya berdampak pada hasil akhir kamu. Terutama pada saat mengatur opacity / transparansi.

Setelah mengatur semua itu, termasuk letak dan ukuran screenshot, jangan lupa untuk menyimpannya ke dalam memori. Foto ala #InstagramInHand pun siap dibagikan ke jejaring sosial Anda. Dan paling tidak kamu jadi ikutan ABG #Kekinian Hahaha. Atau mengobati dahaga mu menunggu adanya teknologi serupa yang bisa dinikmati massal. Tapi kapan?? Masih lama sepertinya. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.