Vivian Maier: Street Photographer

VM001

Vivian Maier. Seorang Street Photografer, salah satu hari fotonya yang masif menceritakan kehidupan jalanan kota NewYork.

Sebelumnya sosok Vivian Maier adalah sosok yang tidak dikenal. Sampai suatu ketika John Maloof menemukan kotak negatif foto nya di sebuah rumah lelang di Chicago pada tahun 2007. Vivian Maier adalah seorang fenomena sekaligus kisah bagaimana apresiasi seni seringkali datang terlambat. Nama lengkapnya Vivian Dorothea Maier. Lahir 1 Februari 1926 di New York. Meninggal pada usia 83 tahun di Chicago, Illinois.

59-1205

Vivian Dorothea Maier. Self Potrait.

 

Seorang fotografer amatiran yang sehari-harinya bekerja sebagai nanny alias baby sitter. Vivian menghabiskan waktu luangnya dengan memotret dijalanan di kota New York dan Chicago antara tahun 1950 sampai 1970-an dengan hasil yang fantastis namun entah kenapa foto-foto tersebut hanya menjadi koleksi pribadi  yang tersimpan di peti bahkan mayoritas filmnya belum diproses. Begitulah adanya.

Saat meninggal di tahun 2009, 150 ribu film negatif miliknya sudah pergi entah kemana. Raib bersama rumah yang telah lama dijualnya.

Beruntunglah di tahun 2007, sebagian kecil dari ratusan ribu film negatif milik Vivian ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang kolektor seni yang langsung bisa mengapresiasi kehebatan foto-foto Vivian.

Sang kolektor, John Maloof, kemudian menelusuri siapa gerangan fotografer dari film-film yang ditemukannya dan berhasil melacak Vivian, sayang usahanya terlambat karena Vivian sudah meninggal.

Saat ini, karya-karya Vivian Maier dipamerkan di galeri-galeri di berbagai negara dan mendapat apresiasi secara luas dan bahkan dianggap sebagai salah satu fotografer dengan genre street photography terhebat dalam generasinya. Buku foto karya-karyanya juga sudah diterbitkan.

 

Sumber Foto dari http://timemachinemag.com/book-reviews/vivian-maier/. Artikel disadur dengan perubahan dari http://belfot.com/vivian-maier-street-photographer/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.