Lompatan Conrad Hans Schumann

6c0ca10844d35a3b2b5231b84105077d

Conrad Schumann Hans. 15 Agustus 1961. Prajurit Angkatan Darat di Berlin Timur, melompati kawat berduri di perbatasan dengan Berlin Barat. Schumann ingin bertemu kembali dengan keluarganya.

Hari ini 9 November. Jerman memperingati runtuhnya tembok Berlin  25 tahun yang lalu. Tembok Berlin adalah sebuah tembok perbatasan yang memisahkan Berlin Barat dan Berlin Timur  serta daerah Jerman Timur  lainnya sehingga membuat Berlin Barat sebuah enklave. Panjangnya 165 km panjang (45 km ke Berlin Barat dan 120 km Brandenburg) dan tinggi 3,6 m.

Tembok ini didirikan pada tanggal13 Agustus 1961 oleh pemerintahan komunis Jerman Timur di bawah pimpinan Walter Ulbrichtkarena. Berlin Barat adalah sebuah ‘lubang’ di negara mereka. Antara tahun 1949 sampai tahun1961 sudah lebih dari 2 juta penduduk Jerman Timur melarikan diri lewat Berlin. Hal ini membuat ekonomi Jerman Timur menjadi kedodoran, karena kebanyakan orang-orang yang masih muda yang melarikan diri. Maka secara rahasia dan tiba-tiba tembok ini dibangun.

Picture Story: Foto ini diambil oleh Peter Leibing (1941 – November 2, 2008) seorang Fotografer Jerman yang memperlihatkan seorang serdadu AD Jerman Timur yang bernama Conrad Schumann Hans. Diambil pada tanggal 15 Agustus 1961. Schumann ingin bertemu kembali dengan keluarganya. Foto ini menjadi ikon perlawanan di era itu. Sampai sekarang diabadikan fotonya dengan dipatungkan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.