RELEASE: Blackberry Messenger (BBM) for Windows Phone

Pagi tadi dengan akun twitternya teman saya @widhopoenya mention ke akun twitter @iaridlo saya me-Retweet (RT) postingan dari blog Teknoup tentang rilis aplikasi yang sudah ditunggu dari 6 bulan lalu oleh para user Windows Phone. Ya, Blackberry Messenger!. Aplikasi yang paling ditunggu oleh pengguna Windows Phone di Indonesia sudah bisa digunakan oleh semuanya. BBM Windows Phone beta sudah tidak dibatasi lagi.

Walaupun statusnya sudah bisa diunduh oleh pengguna private BETA namun bagi khalayak umum yang tidak ‘kebagian’ jatah registrasi masih harus sabar menunggunya kurang lebih 2 minggu lamanya setelah rilis private beta. Saya sendiri bukan ‘maniak’ BBM, tapi sekedar pengamat aplikasi WP (Saya pengguna WP 8.1 Preview Developers Nokia Lumia 720).

Sekedar cerita dahulu memutuskan membeli dan beralih ke Windows Phone karena mulai bosen dengan OS mainstream :p dan mencoba tantangan baru. Walaupun lagi-lagi makan hati dengan perkembangan aplikasi socmed di WP (sebut saja Path, LINE, Whatsapp, Instagram, Vimeo dll) karena WP mencoba mendobrak dominasi iOS dan Android.

Benar saja petinggi Windows Phone menepati janjinya. Setelah rilis versi beta tersebut, aplikasi tersebut juga sudah menerima beberapa update. Mulai dari perbaikan performa sampai penambahan fitur. Termasuk di antaranya live tile yang transparan, dll.

Langsung saja deh, kali ini blog ini sengaja saya isi dengan review teknologi. Biar gak terlalu serius ngomongin Politik dll.

1. Download di Store Windows Phone.

Proses ini membutuhkan waktu yang relatif singkat. File yang didownload kurang lebih 12 Mb. Saya tadi kebetulan menggunakan Wifii kantor sehingga prosenya singkat. Posisi aplikasi BBM Beta di Store sudah masuk Featured dengan bintang 4 dan di rate oleh166 orang (Nggg..sedikit mungkin yang hari ini tahu atau malas untuk memberikan rating). Versi pertama ini 1.0.0.0.

Download: BBM Windows Phone Beta

2.  Sign in

Setelah aplikasi BBM beta sudah diinstall maka saya langsung membuka, proses loadingnya agak lambat tapi progressnya jelas. Saya memakai ID lama saya dan sign in. Ini tampilan UI nya.

wp_ss_20140801_0002 wp_ss_20140801_0001 wp_ss_20140801_0003

Tidak ada perbedaan yang mencolok pada sign in, tetapi ada opsi switch BBM ke device saya (Lumia 720) karena kebetulan BBM saya aktifkan di Tablet. Oya proses Setting up nya agak lama mengingat BBM mengambil database kontak dari user ID.

3. User Interface Depan.

Kita masuk ke tampilan antar muka BBM Beta. Kalau kita lihat ada perbedaan yang ‘mencolok’ pada UI BBM di WP. Khas Metro UI!! Tombol eksekusi untuk kirim pesan,multi pesan broadcast di bawah dengan 3 opsi. Di pojok kanan bawah ada tombol option, jika kita klik akan keluar pilihan add contact, show barcode, setting dan help. Oya perpindahan laman ‘chat’ dengan ‘feeds’ dan ‘contact’ kita cukup menggeser layar ke kiri dan kanan layaknya homescreen WP pada umumnya. Seru bukan? (yang penasaran ayo SwitchToWP :p )

.wp_ss_20140801_0004wp_ss_20140801_0009wp_ss_20140801_0006

4. Detail Menu/Option

Coba sekarang buka details untuk update status. Terlihat ada kolom update status, PIN, Share PIN dan Copy PIN. Kita beralih ke Contact, disana terbagi rapi menjadi 2 bagian yaitu Groups dam Contact. Tile Contact berisi 3 kolom Contact. Selanjutnya Feeds maka seperti dengan BBM yang ada di Android terdiri dari updating gambar ataupun status teman kita.

wp_ss_20140801_0010 wp_ss_20140801_0008 wp_ss_20140801_0007

5. Tampilan icon BBM Beta di Tile Homescreen.

Itu sedikit yang bisa saya bagi, tapi bagaimana tampilan icon BBM Beta di Homescreen di Live Tile? Ternyata memang aplikasi ini dikhususkan untuk dikembangkan serius. Tampilannya sudah menyatu dengan transparan tile.

wp_ss_20140801_0005

Ekspresi pertama sih, oke. Untuk status BETA. Nampaknya RIM dan WP serius menggarap segmen ini. Nah, ada sedikit kekurangan memang dengan adanya sedikit lag saat kita keluar dari aplikasi dan ingin masuk lagi. Notifikasi berjalan agak lambat terutama pada saat kita keluar dari BBM. Overall saya pribadi memberi nilai 3 dari 5. 

Ayo yang belum download, segera. Semoga betah memakai platform Windows Phone, karena bentar lagi 8.1 GDR 1 Preview Developer rilis minggu depan. Soal itu petinggi WP tak pernah ingkar lho sejauh ini.

One thought on “RELEASE: Blackberry Messenger (BBM) for Windows Phone”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.