Home

Membangun “Brand” yang menarik melalui perilaku

Jokowi-MetalKemarin saya mengikuti seminar perumahsakitan di Hotel Shangrila Surabaya. Kebetulan membahas masalah Brand Building. Dari paparan pembicara yang dibawakan oleh Ermiel H. Thabrani tersebut dapat saya berikan catatan tentang bagaimana sebuah Brand dapat dibangun melalui perilaku.

Brand Behavior adalah transformasi lengkap dari sebuah Brand yang aktif. Bisa diartikan dengan bahasa singkatnya, bahwa setiap Brand kalau kita analogikan ke benda hidup memiliki sifat, kekhasan, bahwa wajah yang mempengaruhi kredibilitasnya. Kredibilitas tersebut merupakan sebuah janji dan menjadi bagian yang paling paripurna.

ANALOGI “JOKOWI” SEBAGAI SEBUAH SUCCESS BRAND

Sebuah Brand yang paling dapat dibuat contoh adalah JOKOWI. Ayo sekarang siapa yang belum tahu nama itu? Anda pasti juga sudah tahu. Brand JOKOWI menawarkan satu keunggulan dan satu suara tunggal selama masa kampanyenya dulu. Satu hal yang membuat Brand ini menjadi hebat. JUJUR. Perilaku yang jarang ada di golongan pejabat elit kita.

Soal Atribut JOKOWI punya keunggulan yang bisa dilihat langsung. Dalam bahasan Brand Communication, Candid and Direct (Langsung dan Apa adanya), Firm but Polite (Tegas tapi Ramah) adalah kata yang pantas untuknya. Kalau mengekspresikan dirinya JOKOWI membuat dirinya modest atau sederhana, tidak borjuis, working class look serta blending tidak exclusive. Yang kesemuanya itu dalam bahasa brand disebut brand expression.

Next kita akan bahas lagi mengenai Pelajaran dari Brand JOKOWI di notes saya berikutnya.

About iaridlo

Ilham Akhsanu Ridlo is lecturer and researcher of Public Health at Universitas Airlangga. His research examines health policy and administration; social and trust determinants of health policy; and how health policies can reduce health inequalities. His research engages interdisciplinary, applying theories and methods between the social sciences, public health and health policy. He is currently a managing editor of Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia (JAKI).

0 comments on “Membangun “Brand” yang menarik melalui perilaku

Leave a Comment Here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: