“Sanitation is more important than independence“

“Sanitation is more important than independence“

Ungkapan tersebut tidak main-main dilontarkan oleh seorang Mahatma Gandhi, 1925. Ya kalau diartikan bahwa Sanitasi (Kebersihan) lebih utama daripada sebuah kemerdekaan. Kenapa?

Menurut saya sangat beralasan Gandhi 87 tahun yang lalu melontarkan itu. jika kita pikirkan lebih dalam bahwa masalah Sanitasi memiliki hubungan yang kuat tidak hanya pada kebersihan pribadi (Self Hygiene) tetapi juga tentang martabat manusia dan kesejahteraan masyarakat bahkan pendidikan. Gandhi membuat kebersihan dan sanitasi merupakan bagian integral dari cara hidupnya. Bahkan pada tahun yang sama dia memimpikan sanitasi total untuk semua (India).

Sanitasi adalah salah satu cara termudah dan pertama menyelamatkan masyarakat dari berbagai ancaman penyakit menular (mewabah). Hal ini menyangkut juga tentang sebuah local wisdom yang nantinya menjadi sebuah kebiasaan. Nah cara pandang kebiasaan itu bisa berbeda-beda di masyarakat.

Dengan sanitasi juga kehidupan anak di dunia bisa diselamatkan setiap 20 detiknya, jika air minum didapat dengan cara yang aman dan sanitasi dasar yang tersedia sangat baik. Bayangkan! Peningkatan kualitas sanitasi ini juga bisa mengurangi 80% dari semua penyakit. Terlebih lagi itu bisa menyelamatkan nyawa manusia per tahun lebih banyak daripada kematian karena perang.

Perbaikan kesehatan tentang Sanitasi dan kualitasnya akan memungkinkan sebuah masyarakat dengan gaya hidup yang lebih bermartabat, generasi yang berkualitas. Dan tidak lupa Quality of Life akan lebih baik.

Buang air besar dan kecil juga merupakan kebutuhan dasar manusia seperti halnya makan, minum, tidur atau bernapas. Setiap manusia harus mampu memenuhi kebutuhan dasar yang bermartabat. Sudah saatnya kita menyadari potensi sanitasi yang berkualitas bagi pembangunan manusia. Sudahkah anda menjadi bagian dari kampanye besar untuk kualitas Sanitasi yang lebih baik? Dimulai dari diri sendiri, dari yang terdekat, dari keluarga!

Dan Akhirnya saya menyampaikan Selamat Hari Toilet Sedunia (World Toilet Day) 2012. 19 November 2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.