Filosofi Kesehatan Masyarakat – Rethinking Public Health

Sebelum memulai topik pembahasan tentang kaitan dunia kesehatan masyarakat dalam kajian filsafat, Penting untuk kita ketahui terminologi “Filsafat” itu sendiri. Filsafat diartikan dengan lugas adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar.Filsafat tidak didalami dengan melakukan eksperimen-eksperimen dan percobaan-percobaan, tetapi dengan mengutarakan masalah secara persis, mencari solusi untuk itu, memberikan argumentasi dan alasan yang tepat untuk solusi tertentu. Akhir dari proses-proses itu dimasukkan ke dalam sebuah proses dialektika.

Analogi menggabungkan filsafat dan Kesehatan masyarakat seperti menciptakan permadani raksasa yang membutuhkan pasokan benang-benang yang tak terbatas. Hasil tenunan permadani tersebut dapat dihasilkan dalam bentuk bukti obyektif dari studi dalam biologi, epidemiologi, dan ilmu sosial, fakta inilah yang memberikan dasar rasionalitas untuk melakukan intervensi yang dirancang untuk kegiatan pencegahan penyakit, cedera ataupun kematian.


DASAR FILOSOFIS KESEHATAN MASYARAKAT

 Alur pemikiran filosofi memotong ranah kesehatan masyarakat dari keseluruhan alam ontologi, epistemologi, dan etika karena pijakan dasar berfikir adalah bagaimana memahami dan berusaha mengerti akan kesehatan masyarakat itu sendiri.

Garis tebal dari dasar filosofis kesehatan masyarakat adalah mengenai keseimbangan antara kepentingan masyarakat, populasi dan individu. Kepentingan-kepentingan itu muncul dan bermuara pada satu hal yaitu pencegahan penyakit dan promosi kesehatan.

Metode ilmiah, analisis dan sintesis memainkan peran kunci dalam filosofi kesehatan masyarakat.  Kesehatan masyarakat bergantung pada kekuatan kreatif seorang praktisi kesehatan masyarakat, penemuan ilmiah dan akumulasi pengetahuan yang secara obyektif bertumpu pada peristiwa probabilistik.

Dalam perluasan berfikir maka filosofi kesehatan masyarakat juga menggabungkan nilai dan tradisi masyarakat yang relevan dan memberikan landasaran intelektual untuk tindakan yang terorganisir yang meningkatkan derajat kesehatan masyarakat itu sendiri.

Meskipun memiliki entitas yang unik, filosofi kesehatan masyarakat terkait erat dengan filsafat politik, ekonomi, sejarah, dan hokum dan beberapa filosofi lainnya.

Sebuah perjalanan panjang ke depan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.