Ekpresikan Brand

Menurut Gelder, S.V (2005) The brand expression is the brand as defined and manifested by an organization” yaitu merek seperti yang didefinisikan dan dimanifestasikan oleh sebuah organisasi. Atau disebut sebagai cara bagaimana suatu brand memanifestasikan dan memvibrasikan eksistensi (behaviour, belief, character, vision) dirinya.

Brand expression terdiri dari tiga unsur, yaitu brand positioning, brand identity dan brand personality. Brand positioning merupakan cara bagaimana brand agar lebih baik dan berbeda dari pesaingnya. Brand identity terdiri dari aspek prinsip, tujuan dan perwujudan visualnya. Sedangkan brand personality merupakan dari aspek karakter brand.

Dalam konsep brand expression yang terdiri dari tiga bagian seperti yang dijelaskan Gelder, S.V (2005) mencakup tiga bagian yaitu brand positioning, brand identity dan brand personality.

Brand expression sebagai merek yang didefinisikan dan dimanifestasikan oleh sebuah organisasi merupakan upaya untuk ekuitas merek (brand equity) yang nantinya menjadi ukuran suatu brand dinyatakan kuat atau lemah dimata konsumennya.

Penyusunan brand expression ini disusun dengan serangkaian informasi internal dan eksternal dalam beberapa kategori kajian organisasi. Kajian tersebut antara lain dengan memerlukan strategi pemasaran dan penentuan brand strategy.

Alma (2009) menjelaskan bahwa strategi pemasaran merupakan pola keputusan dalam perusahaan yang menentukan dan mengungkapkan sasaran, maksud dan tujuan yang menghasilkan kebijakan utama dan merencanakan untuk pencapaian tujuan, serta merinci jangkauan bisnis yang akan dikejar oleh perusahaan.

Positioning merupakan elemen terpenting dari strategi pemasaran yang didasari oleh penentuan segmentasi pasar dan pemilihan target bisnis. Dari dua elemen tersebut maka suatu organisasi dapat membuat posisi untuk bisa membuat suatu pembeda dengan kompetitor.

Seperti yang dijelaskan Kotler (1997), ”Brand strategy decision, a company has five choices when it comes to brand strategy. Terdapat lima pilihan strategi merek yang menjadi landasan untuk menetukan brand expression. Strategi itu diantaranya adalah line extension dan brand extension.

Dua strategi merek yang dipilih diatas merupakan hasil kategorisasi dari elemen produk dan brand yang dibuat dengan klasifikasinya dengan kategori existing dan new. 

The Jakarta Consulting Group (2009)  menjelaskan bahwa brand strategy berguna sebagai key driven dalam eksekusi sebuah merek di mata konsumen sesuai dengan strategi pemasaran yang ada.

Sejalan dengan pendapat Gelder, maka Schultz dan Barnes (1999) menambahkan aspek brand communication dalam brand expression. Sebagai suatu cara atau bentuk komunikasi brand melalui proses visualisasi sehingga mudah dipahami dan diingat pelanggan secara cepat. Langkah ini bertujuan menciptakan memori kuat di benak pelanggan terhadap karakter brand.

Brand communication diletakkan dalam kajian ini sebagai faktor yang membuat eksekusi dari brand expression  menjadi lengkap dan bisa berjalan dengan baik. Brand  expression yang sudah disusun maka harus disertai dengan suatu pengkomunikasian merek.

Untuk dapat mengkomunikasikan brand kepada konsumen, maka kita sebaiknya menggunakan komunikasi internal dan eksternal yaitu antara lain dengan sales promotion, events, public relations, direct marketing (pengiriman katalog, surat, telp, fax, atau email), corporate sponsorhips yaitu penawaran produk/jasa dengan bekerja sama dengan perusahaan lain sebagai sponsor, dan advertising yaitu cara untuk memperkenalkan produk atau jasa melalui segala macam iklan (Schultz dan Barnes, 1999).

Oleh karena itu, saat ini brand communication menjadi sebuah solusi jitu yang harus dilakukan agar pangsa pasar produk Anda bisa meningkat signifikan. Solusi ini juga perlu dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh elemen yang ada dalam organisasi.

Brand communication yang perlu dilakukan terdiri dari brand visualization dan brand activation. Brand visualitation adalah bentuk komunikasi brand melalui proses visualisasi sehingga mudah dipahami dan diingat pelanggan secara cepat. Langkah ini bertujuan menciptakan memori kuat di benak pelanggan terhadap karakter brand yang kita buat.

One thought on “Ekpresikan Brand”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.